Pertemuan Uskup Regio Sumatera

Mgr. Aloysius, Mgr. Yohanes Harun, Mgr. Martinus, dan Mgr. Ludovicus dalam misa penutupan pertemuan para uskup regio sumatera, Katedral Kristus Raja Tanjungkarang, 27 April 2017 (doc.fransiskafsgm)

RADIO SUARA WAJAR – Para Uskup Regio Sumatera mengadakan pertemuan tahunan pada Senin (25/4/17) hingga Rabu (27/4/17). Pada kesempatan ini, Keuskupan Tanjungkan mendapat kesempatan menjadi tuan rumah bagi pertemuan para uskup ini. Pertemuan diadakan di kuria keuskupan Tanjungkarang.

Hadir dalam pertemuan itu uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr. Anicetus Bongsu Antonius Sinaga, O.F.M. Cap., uskup Keuskupan Sibolga, Mgr. Ludovikus Simanullang, OFM.Cap., Uskup Keuskupan Sufragan Padang, Mgr. Martinus D. Situmorang, OFM.Cap., Uskup Keuskupan Agung Palembang, Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ., Uskup Keuskupan Sufragan Tanjungkarang dan Adm. Apostolik Keuskupan Sufragan Pangkalpinang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono, Vicjen Keuskupan Pangkal Pinang, Romo Nugroho Krisusanto SS.CC, serta sekretaris uskup Keuskupan Agung Palembang, Rm. FX Edy Prasetya, Pr.

Pertemuan para uskup Sumatera kali ini membicarakan tentang follow up dari pertemuan regio tahun lalu dan juga rencana-rencana kedepan. Mgr. Aloysius Sudarso SCJ bertindak sebagai ketua dalam pertemuan ini. Mgr. Darso SCJ mengungkapkan bahwa salah satu yang dibicarakan adalah tentang seminari tinggi untuk regio Sumatera. Para uskup sumatera berkomitmen untuk semakin mengembangkan seminari tinggi regio sumatera, mulai dari keperluan praktis hingga merencanakan SDM yang diperlukan bagi seminari tinggi.

Secara khusus, pertemuan para uskup kali ini juga membahas tentang rencana Perpasgelas III keuskupan Tanjungkarang. Mgr. Darso mengungkapkan tentang dukungan para uskup bagi keuskupan Tanjungkarang untuk mengadakan perpasgelar ke 3. Para uskup berharap Gereja Tanjungkarang semakin mengakar di bumi lampung ini. Kegiatan-kegiatan yang diadakan diharapkan semakin mampu menyentuh banyak orang, tidak hanya kegiatan internal yang semakin marak.

Para uskup regio Sumatera berpesan bahwa umat beriman, khususnya umat awam, semakin tekun untuk memberi kesaksian Kristiani ditengah dunia. Merekalah yang bersentuhan langsung dengan berbagai segi kehidupan dalam hidup bermasyarakat. Awamlah yang menjadi ujung tombak agar Gereja hadir ditengah masyarakat. (mr. Jo.no)

 

98 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *