Peringatan Hari Konsumen Nasional, Dinas Perdagangan Lampung Kampanyekan Cinta Produk Lokal

Sekretaris Daerah Provinsi lampung Sutono pada acara Pembukaan perayaan Harkonas tingkat Provinsi Lampung di Mall Boemi Kedaton Bandar Lampung, Kamis 20 April 2017.

Sekretaris Daerah Provinsi lampung Sutono pada acara Pembukaan perayaan Harkonas tingkat Provinsi Lampung di Mall Boemi Kedaton Bandar Lampung, Kamis 20 April 2017.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Dinas Perdagangan Provinsi Lampung merasayakan Hari Kosumen Nasional (Harkonas) ke-V yang diperingati setiap tanggal 20 April per tahunnya.

Pembukaan perayaan Harkonas tingkat Provinsi Lampung ini dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono. Acara berlangsung di Mall Boemi Kedaton Bandar Lampung, Kamis 20 April 2017.

Menurut Sutono, kiranya peringatan Harkonas menjadi momentum untuk memotivasi dan menginspirasi masyarakat Lampung menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih produk dengan kriteria aman, sehat dan berkualitas.

“Jadilah konsumen yang cerdas dan mencintai produk dalam negeri,” Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono.

Sutono menjelaskan pelaksanaan Harkonas dilaksanakan dalam rangka meningkatkan daya saing produk-produk lokal, baik dari segi kualitas maupun harga yang terjangkau bagi masyarakat.

Untuk itu Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perdagangan bekerjasama dengan Mall Boemi Kedaton (MBK) melaksanakan Peringatan Harkonas guna memotivasi dalam menciptakan konsumen yang cerdas.

“Pelaksanaan Harkonas ke-V menandai pertumbuhan perekonomian di Lampung sudah semakin membaik. Pelaksanaan ini penting dilakukan agar kedepannya dapat memberikan gerakan konsumen yang mencintai produk dalam negeri serta memperkuat ekonomi pemerintah daerah,” kata Sutono.

Lebih lanjut, Sutono menyampaikan peringatan Harkonas ini dimulai sejak tanggal 20 April-24 Mei 2017. Selain itu, peringatan ini juga akan dilaksanakan di Lapangan Korpri Kantor Gubernur.

“Harapannya pelaksanaan ini juga dirayakan di seluruh Republik Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Perdagangan Jasa RI Lasminingsih mengajak masyarakat untuk melakukan gerakan konsumen cerdas, mandiri dan cinta produk dalam negeri.

“Harkonas momentum untuk lebih menggerakan cinta produk Indonesia. Aku cinta produk Indonesia, contohanya saya pakai batik, nah ini. Jadi gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri dan Cinta Produk Dalam Negeri memang harus digerakan. Terutama kita juga mengingatkan anak-anak muda supaya lebih mencintai produk-produk negerinya sendiri,” jelas Lasminingsih.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung Ferynia menegaskan peringatan Harkonas merupakan hari bagi para pelaku usaha barang dan jasa swasta.

“Gerakan Konsumen Nasional itu bukan harinya Pemerintah, tapi harinya swasta. Harinya swasta ini memanjakan konsumen. Nah, tapi karena mereka belum bergerak, kami pemerintah menginisiasi. Tapi suatu saat saya ingin saya yang diundang duduk manis, mereka yang menyelenggarakan itu,” jelas Ferynia.

Namun begitu, Ferynia gembira para pelaku usaha sebagian besar di Lampung mulai hari ini ada upaya untuk memanjakan para konsumen.

“Kalau peduli insya allah dengan gerakan ini, mereka akan peduli semua. Sekarang hotel, walau pun belum namanya Harkonas, mulai hari ini semua hotel sudah memberikan diskon, dan banyak pelaku usah lainnya yang melakukan hal serupa,” jelasnya.

Ferynia berharap pada masyarakat di Lampung untuk menjadi konsumen yang cerdas.

“Konsumen yang cerdas itu dia bisa memilih, kwalitas yang baik itu yang mana, bukan harga sekedar harga yang murah atau harga tinggi, intinya jadilah konsumen yang cerdas, teliti sebelum membeli. Kemudian carilah produk yang ada label SNI-nya, jadi kita betul-betul aman terlindungi. Jadi konsumen itu juga dilindungi oleh undang-undang,” tutupnya.

Pada kesempatan ini,  Sekretaris Daerah Provinsi Lampung beserta rombongan juga turut melakukan pengecekan harga barang-barang kebutuhan pokok yang ada di Mall Boemi Kedaton.***

Reporter : Robert

74 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *