Bantuan Gereja Kolombia kepada Mocoa  

Seorang perempuan sedang membawa sekotak bantuan kemanusiaan bagi korban bencana alam di Mocoa – AFP

RADIO SUARA WAJAR – Puluhan ton bantuan kemanusiaan dalam beberapa hari terakhir telah diserahkan ke penduduk Mocoa yang terkenan bencana banjir, di wilayah Putumayo di Kolombia selatan.

Pengumpulan bantuan kemanusiaan ini dipelopori oleh Gereja Katolik Kolombia dan lembaga-lembaga Caritas setempat.

Uskup Mocoa, Mgr. Luis Albeiro Maldonado, mengatakan bahwa makanan, selimut, alat kebersihan pribadi dan pakaian memberikan sedikit kelegaan kepada anak-anak dan keluarga Mocoa yang membutuhkan.

Pada 1 April terjadi bencana tanah longsor yang menewaskan sedikitnya 300 orang dan banyak yang terluka dan kehilangan tempat tinggal.

Presiden Juan Manuel Santos mengumumkan keadaan darurat di wilayah tersebut.

Paus Fransiskus mendoakan para korban dan menyerukan aksi solidaritas bagi semua orang yang terkena dampak tanah longsor yang menghancurkan itu.

Vikaris Jenderal Keuskupan Mocoa, Pastor Luis Fernando Carvajal, ditunjuk sebagai koordinator komite khusus yang dibentuk untuk menanggapi krisis tersebut. Ia mengatakan bahwa bantuan awal, perlengkapan medis dan keperluan-keperluan penting yang mendesak telah disumbangkan dari asosiasi dan organisasi di Kolombia dan seluruh dunia.

Dia juga mengapresiasi sekitar 80 relawan yang mengunjungi keluarga-keluarga yang dilanda banjir dan pembentukan pusat penerimaan bantuan yang sekaligus membagikan bantuan tersebut. (radio vatican)

 

60 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *