Harun Al Rasyid Sampaikan Pentingnya Program Bela Negara di Lampung

Senam bersama dalam rangka pembinaan bela negara di Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Jumat 07 April 2017.

Senam bersama dalam rangka pembinaan bela negara di Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Jumat 07 April 2017.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Pemerintah Provinisi Lampung dan Kementerian Pertahanan RI Provinsi Lampung saling bekerjasama meningkatkan kesadaran akan pentingnya bela negara. Landasan sikap dan perilaku sebagai bentuk revolusi mental sekaligus untuk membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas  dinamika ancaman. Dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional khususnya di Provinsi Lampung.

Hal ini disampaikan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM  Harun Al Rasyid saat mengkuti senam bersama dalam rangka pembinaan bela negara di Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Jumat 07 April 2017.

Staf Ahli juga menyampaikan Program Bela Negara ini guna menghadapi berbagai tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan bangsa yang terus berkembang menjadi ancaman yang multidensi, karena karakter ancaman dapat bersumber dari ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya.

Lebih lanjut, Harun berharap melalui kegiatan ini mampu tercipta koordinasi dan sinergitas dalam menunjang program pemerintahan dan pembangunan, khususnya Pembinaan Bela Negara di Provinsi Lampung.

“Untuk itu, perlunya kerjasama dan sinergitas antara Pemerintah Provinsi Lampung dan Kemenham, lembaga terkait untuk menggalakkan program bela negara terkhusus ancaman non militer,” ucap Harun.

Hadir dalam kesempatan yang sama Pejabat PPTP Kemhan RI Provinsi Lampung Kolonel Kav. Robert Owen Tambunan menjelaskan pelaksanakan kegiatan pembelaan bela negara berkaitan dengan perkembangan lingkungan strategis  yang terjadi secara global maupun regional. Dimana perkembangan lingkungan strategis telah menimbulkan  berbagai gejolak mulai dari konflik antar negara, perubahan iklim ekstrim, perebutan sumber daya energi, kelangkaan sumber daya alam, terorisme dan lainnya.

“Perkembangan lingkungan strategis akan berpengaruh serta berdampak kepada kehidupan berbangsa dan bernegara. Terlebih, bangsa ini sedang menghadapi berbagai macam ancaman terutama ancaman non militer dengan berbagai bidang,” kata Robert.

Lebih lanjut Robert menyampaikan Pemerintah Daerah merupakan unsur utama dalam sistem pertahanan dalam menghadapi ancaman non militer  sedangkan Kemenhan dan Militer menjadi unsur pendukung.

Robert berharap Pemerintah Daerah Provinsi Lampung dan lembaga vertikal dapat bekerjasama dan bersinergitas untuk menggalakkan program bela negara terkhusus ancaman non militer.

Diinformasikan Kepala Biro Humas dan Protokol Bayana, acara ini diikuti oleh Anggota Forkopimda Provinsi Lampung, Asisten Gubernur Lampung, Staf Ahli Gubernur Lampung dan Kepala SKPD di lingkungan Pemerintahan Provinsi Lampung.***

Reporter  : Robert

61 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *