Gubernur Lampung Lepas 106 anggota Satuan Birmod Polda Lampung ke Sulawesi Tengah

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo saat melepas 106 anggota Satuan Birmod Polda Lampung ke Sulawesi Tengah dalam rangka Operasi Tinombala di Bandara Raden Inten II Lampung Selatan, Jumat 31 Maret 2017.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo saat melepas 106 anggota Satuan Birmod Polda Lampung ke Sulawesi Tengah dalam rangka Operasi Tinombala di Bandara Raden Inten II Lampung Selatan, Jumat 31 Maret 2017.

LAMPUNG SELATAN, RADIO SUARA WAJAR — Gubernur Lampung M Ridho Ficardo dan Kapolda Lampung Irjend Polisi Sujarno melepas 106 anggota Satuan Birmod Polda Lampung ke Sulawesi Tengah dalam rangka Operasi Tinombala. Acara pelepasan berlangsung di Bandara Raden Inten II Lampung Selatan, Jumat 31 Maret 2017.

Selaku Inspekur Upacara yaitu Kapolda Lampung Irjend Polisi Sujarno, Perwira Upacara Kompol Daut Nainggolan dan Komandan Upacara Kompol Tarmansyah.

Menariknya, pelepasan disertai dengan prosesi adat Lampung yaitu Ittaran Jelma Bani Tanoh Lampung yang dipimpin oleh Panglima Alif Jaya dari Kerajaan Adat Paksi Pak Skala Bhak Lampung Barat.

Upacara adat ini antara lain berisi prosesi bertangguh yaitu pamit dan cek’ca yang merupakan simbol kesetiaan terhadap Pimpinan, Bangsa dan Negara. Upacara ini merupakan merupakan bentuk penghargaan Pemerintah Provinsi, Jajaran Polda Lampung dan masyarakat atas simbol dari keberanian dan kesetiaan Satuan Brimob Polda Lampung.

Dalam pengarahannya Gubernur Lampung mengatakan, keberangkatan tesebut merupakan tugas mulia untuk mengamankan Bangsa Indonesia  dari berbagai gangguan Kamtibmas. Apalagi Brimob adalah personil khusus Polri yang memiliki  kemampuan gerilya untuk melaksanakan tugas tersebut.

“Sebagai anggota Brimob sejati kapanpun dan dimanapun ditugaskan harus selalu siap. Oleh karena itu, Satuan Brimob Polda Lampung kiranya dapat melaksanakan tugas BKO ini dengan tulus dan lkhlas. Selalu waspada dan berpegang teguh dengan prinsip ‘sekali melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil, jiwa ragaku demi kemanusiaan’. Jaga nama baik Provinsi Lampung, untuk Indonesia, untuk merah putih jiwa raga kita siap korbankan,” kata Gubernur.

Kapolda Lampung Irjend (Pol) Sujarno dalam sambutannya menyampaikan Kegiatan Operasi Tinombala adalah kelanjutan operasi Camarmaleo, untuk menangkap gembong teroris di Sulawesi Tengah yang masih bergeriliya merongrong ketertiban dan keamanan tanah air.

Menurut Kapolda, Satbrimob Polda Lampung akan bergabung denga SAT BRIMOB Polda Maluku, Jawa Tengah, yang bertugas selama tiga bulan dari tanggal 4 April hingga 2 Juli 2017.

“Jaga kesehatan, kenali daerah, serta hormati kearifan lokal, saling hormati dan kerjasama dengan seluruh personil dari Satbrimob dari Polda lainnya,” pesan Kapolda.

Diinformasikan Karo Humas dan Protokol Bayana, acara dihadiri anggota Forkopimda Provinsi Lampung, Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan,  Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim,  Komandan Satuan TNI se-Prov Lampung. Selain itu menurut Bayana, pasukan upacara 1 SST Yon 143 TWEJ, 1 SST Brigif 3 Marinir, 1 SST Lanal Lampung 1 SST Lanud P. BUN YAMIN, 1 SSK Satuan Penugasan, 1 SSK Satbrimob Polda Lampung dan jajaran pejabat di lingkungan Polda Lampung.***

Reporter : Robert

 

 

124 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *