Paus Kecam Serangan Udara Mosul

Paus Fransiskus

RADIO SUARA WAJAR – Pada Rabu (29/3/17), Pemimpin Umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus S mengecam serangan udara pasukan koalisi Amerika Serikat yang menewaskan sedikitnya 200 orang di Kota Mosul, Irak. Hal ia paus sampaiakan dalam audiensi umum di depan puluhan ribu orang yang berkumpul di Alun-Alun Santo Petrus, Vatikan, Italia.

Paus Fransiskus  menegaskan bahwa melindungi warga sipil di Irak merupakan kewajiban semua pihak yang terlibat dalam konflik di negara itu. Hal itu disampaikan Paus sebagai respon atas serangan pesawat udara Amerika Serikat di Mosul yang telah menewaskan ratusan orang di kota terbesar kedua Irak tersebut.

Paus sangat prihatin terhadap nasib para warga sipil yang terjebak di pemukiman Mosul bagian barat. Ia mengatakan bahwa semua pihak  harus berkomitmen untuk melindungi warga sipil, sebagai kewajiban yang harus dijalankan.

Pernyataan Paus berselang satu hari setelah seorang komandan senior Amerika Serikat mengakui bahwa pesawat tempur dari pihaknya telah menjatuhkan bom di pemukiman padat penduduk di Mosul bagian barat pada 17 Maret lalu. (tempo.co)

 

83 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *