10 Makanan Terbaik yang Harus Dikonsumsi untuk Kesehatan Ginjal

Ilustrasi. Foto : http://www.vemale.com

Ilustrasi. Foto : http://www.vemale.com

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — DALAM memperingati Hari Ginjal Sedunia 2017, kita akan membahas makanan terbaik yang harus Anda konsumsi untuk menjaga ginjal tetap sehat. Hal ini penting, karena ginjal berperan penting, salah satunya dalam fungsi detoksifikasi.

Setiap masalah dalam anatomi atau fisiologi ginjal akan mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Jika kelainan anatomi sebagian besar dibawa sejak lahir, kerusakan fisiologis disebabkan oleh gaya hidup, terutama kebiasaan makan.

Karena itu, penting bagi Anda untuk memilih makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan ginjal. Berikut 10 makanan terbaik yang harus dikonsumsi untuk kesehatan ginjal seperti dilansir dari laman Boldsky, Jumat 10 Maret 2017:

Kubis

Kubis kaya akan phytochemical yang membantu memecah radikal bebas. Karena itu, kubis menjadi salah satu makanan terbaik untuk kesehatan ginjal. Seiring dengan phytochemical, kubis juga memiliki banyak nutrisi sehat lainnya yang memperbaiki dan menyehatkan ginjal. Selain itu, sayuran ini juga termasuk rendah kalium.

Paprika merah

Rendah kalium, kaya vitamin A, B6, V, serat dan asam folat, paprika merah menjadi salah satu asupan yang harus dikonsumsi untuk menjaga ginjal Anda sehat. Dikatakan bahwa paprika merah memiliki kecenderungan memecah limbah beracun dalam darah dan membantu fungsi ginjal.

Apel

Apel adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan ginjal. Properti anti-inflamasi dari apel membuatnya menjadi makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal. Apel juga diketahui membantu mencegah infeksi saluran kemih dan mengurangi risiko batu ginjal.

Bawang

Bawang datang dengan antioksidan yang mendetoksifikasi dan membersihkan ginjal. Bawang juga membawa mineral kromium yang membantu memetabolisme lemak, protein dan karbohidrat. Jadi, mengonsumsi bawang mentah atau dimasak akan membantu menjaga ginjal Anda tetap sehat.

Ikan

Para ahli medis merekomendasikan 2-3 kali mengonsumsi ikan dalam seminggu untuk menjaga ginjal tetap sehat. Ikan dilengkapi dengan sumber protein berkualitas serta asam lemak omega 3 yang mengurangi peradangan.

Putih telur

Putih telur baik untuk kesehatan ginjal dan biasanya termasuk dalam diet ginjal sehat. Alasannya adalah putih telur membawa protein bersama asam amino yang dibutuhkan. Selain itu, putih telur juga hanya sedikit mengandung fosfor dibanding sumber protein lainnya.

Bawang putih

Bawang putih tidak hanya membuat hidangan menjadi lezat, tetapi juga membantu menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan dan sifat anti-pembekuan bawang putih membantu mengurangi banyak penyakit yang berhubungan dengan ginjal.

Berry

Buah berry seperti bluebery, stroberi dan raspberry mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, buah ini juga kaya mangan, vitamin C, serat dan folat yang membantu ginjal Anda berfungsi dengan baik.

Minyak zaitun

Kaya banyak komponen sehat, seperti asam oleat dan asam lemak anti-inflamasi, minyak zaitun membantu menurunkan oksidasi dan membantu fungsi ginjal tetap lancar.

Kembang kol

Kembang kol adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan ginjal. Seperti kubis, kembang kol dikemas dengan fitokimia dan kaya vitamin C, folat serta serat. Jadi, itulah 10 makanan super untuk kesehatan ginjal. Memasukkan 10 makanan ini ke dalam diet harian akan membantu menjaga ginjal tetap sehat.***

Editor : Robert

140 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *