Kadis Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni Terima Audiensi Pengurus IPSM Provinsi Lampung

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni saat menerima Pengurus IPSM Provinsi Lampung periode 2016-2021 di ruang kerjanya, Rabu 6 Maret 2017.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni saat menerima Pengurus IPSM Provinsi Lampung periode 2016-2021 di ruang kerjanya, Rabu 6 Maret 2017.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni menerima Pengurus Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Provinsi Lampung periode 2016-2021 di ruang kerjanya, Rabu 6 Maret 2017.

Ketua IPSM Provinsi Lampung Edi Purwady melaporkan bahwa pada tanggal 20 Februari yang lalu telah dilakukan musyawarah secara mufakat pergantian kepengurusan dengan pengurus.

“Mengingat kepengurusan IPSM telah habis masa tugasnya pada tahun 2016,” kata Edi Purwady.

Menurutnya, dengan telah terbentuknya kepengurusan ini, pihaknya berharap Kepala Dinas Sosial berkenan mengusulkan kepada Gubernur Lampung M Ridho Ficardo.

“Kiranya jika Pak Gubernur berkenan untuk mengukuhkan kepengurusan kami ini dengan Surat Keputusan,” kata Edi Purwady.

Menanggapi itu, Sumarju Saeni mengatakan bahwa Gubernur Lampung M Ridho Ficardo dalam setiap kesempatan selalu mengajak jajaran dan seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama membangun Sai Bumi Ruwa Jurai.

“Termasuk para Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat sehingga Lampung yang maju dan masyarakatnya sejahtera segera terwujud, “ujarnya.

Dikatakan Sumarju bahwa PSM sebagai “ujung tombak” pembangunan kesejahteraan sosial diharapkan dapat berperan sebagai pendamping masyarakat.

“Baik itu mendapingi kurang beruntung seperti kecacatan, kemiskinan, ketuna sosialan, ketidak berdayaan, korban penyalahgunaan napza, dan korban bencana agar dapat melaksanakan fungsi-fungsi sosialnya. Sesuai dengan prinsip pekerjaan sosial, yakni “membantu orang agar mampu membantu dirinya sendiri”,” paparnya.

Dikatakan Sumarju, PSM sangat memperhatikan pentingnya partisipasi sosial dan pendekatan pemberdayaan masyarakat. Dalam konteks ini, dan bahkan dalam hampir semua praktek pekerjaan sosial, peranan seorang community worker seringkali diwujudkan dalam kapasitasnya sebagai pendamping.

“Bukan sebagai penyembuh atau pemecah masalah atau problem solver secara langsung. PSM sebagai pendampingan sosial berpusat pada tiga visi praktek pekerjaan sosial yaitu; pemungkin atau enabling, pendukung atau supporting, dan pelindung atau protecting,” jelas Sumarju.

Kepala Dinas Sosial Lampung ini berharap dengan terbentuknya kepengurusan IPSM Provinsi Lampung masa bakti 2016-2021 dapat berperan lebih untuk kesejahteraan masyarakat.

“Organisasi ini kiranya sebagai ajang silaturahmi dan konsolidasi PSM di desa/kelurahan dalam kiprah kerjanya yang tanpa pamrih secara tulus ikhlas semata-mata untuk kesejahteraan para penyandang masalah sosial di lingkungannya,” pungkas Sumarju.***

Reporter : Robert

102 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *