Sarasehan 25 Tahun Mekar Sai Menyongsong Era Emas

Ketua Dewan Pengurus Kopdit Mekar Sai Andreas Muhi Pukai

Ketua Dewan Pengurus Kopdit Mekar Sai Andreas Muhi Pukai

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Rangkaian 25 tahun Koperasi Kredit Mekar Sai, salah satunya ditandai dengan peluncuran buku 25 Tahun Mekar Sai, Menyongsong Era Emas.

Buku berisi tentang sejarah, profil dan impian Mekar Sai ini sudah diluncurkan pada Jumat 27 Januari 2017 bertepatan dengan ulang tahun Mekar Sai yang ke 25.

Buku ini dijadikan salah satu inspirasi untuk melakukan refleksi dan evaluasi terhadap koperasi yang saat ini sudah memiliki anggota lebih dari 13 ribu orang dari berbagai tempat di Propinsi Lampung. Cara yang dipilih adalah sarasehan dengan tema sebuah kalimat tanya, ”Masihkah Setia pada Misi Credit Union?”

Tema ini diangkat untuk mengulik tanggapan dari semua elemen yang ada di Mekar Sai yaitu anggota, manajemen, pengurus maupun pengawas. Diharapkan, pada bagian akhir dari sarasehan akan memunculkan rekomendasi yang dikuatkan sebagai warna dalam pekerjaan seluruh pengurus, manajemen, pengawas dan juga seluruh anggota.

Kegiatan yang diadakan pada Sabtu 25 Pebruari 2017 di Hotel Horison ini menghadirkan Cep Harsoyo, penasihat Mekar Sai sekaligus salah seorang pendiri; FX. Siman, Ketua Puskopdit Caraka Utama Lampung yang juga anggota DPRD Propinsi Lampung, Anang Prihantoro, anggota DPD RI dan Suroto, praktisi dan penggiat kopdit yang juga menjadi Ketua Asosiasi Kader Sosio-Ekonomi Strategis (AKSES) Indonesia.

Peserta yang diundang dalam kegiatan ini adalah para pendiri, mantan pengurus/pengawas, perwakilan anggota, mitra kerja dan juga para wartawan yang berjumlah kurang lebih 150 orang.

Ketua Dewan Pengurus Kopdit Mekar Sai Andreas Muhi Pukai dalam wawancaranya dengan Radio Suara Wajar mengatakan pada umur seperempat abad ini, Mekar Sai ingin tetap setia dan konsisten mewujudkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip koperasi kredit.

“Prinsip-prinsip itu adalah keanggotaan yang sukarela dan terbuka, pengendalian oleh anggota secara demokratis, partisipasi ekonomi anggota, otonomi dan kebebasan, pendidikan, pelatihan dan informasi yang terus menerus, kerjasama di antara koperasi dan kepedulian terhadap komunitas/sosial,” kata Andreas Muhi Pukai.

Sebagai informasi, Koperasi Kredit Mekar Sai adalah koperasi simpan pinjam yang berkantor di Jalan Juanda Pahoman, yang sudah berdiri sejak 27 Januari 1992, dirintis oleh para guru dan karyawan Yayasan Xaverius Lampung, yang sekarang ini sudah memiliki 495 unit tersebar di berbagai kota/kabupaten di Lampung.***

Reporter : Robert

134 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *