Paus Mendoakan Muslim Rohingya

Pope Francis holds up a leaflet of Sudanese-born St. Josephine Bakhita during his weekly general audience in Paul VI Hall, at the Vatican, Wednesday, Feb. 8, 2017, day of the feast of St. Bakhita. (AP Photo/Andrew Medichini)

RADIO SUARA WAJAR – Dalam audiensi umum yang berlangsung pada Rabu (8/2/17), Paus Fransiskus mendoakan pengungsi Rohingya. Paus ke-266 itu juga mengutuk kekerasan terhadap warga Rohingya yang terjadi hanya karena mereka muslim.

Pada kesempatan itu Paus mengatakan bahwa mereka adalah orang-orang yang baik, mereka bukan umat kristiani, tapi mereka adalah orang-orang yang damai. Mereka saudara-saudara kita dan selama bertahun-tahun mereka telah menderita. Mereka disiksa dan dibunuh.

Paus Fransiskus lantas meminta para hadirin berdoa untuk warga Rohingya yang ditolak pemerintah Myanmar dan melarikan diri dari satu daerah ke daerah lain karena tidak ada yang menerima mereka.

Menurut data PBB, sekitar 69 ribu warga muslim Rohingya dikabarkan telah melarikan diri dari tempat tinggal mereka di negara bagian Rakhine, Myanmar, sejak kekerasan pecah pada 9 Oktober 2016.

Terdapat kurang lebih 1 juta warga Rohingya di Myanmar, tapi pemerintah tidak mengakui kewarganegaraan mereka. Rohingya dinilai merupakan salah satu kelompok paling tertindas di dunia.

Laporan pembunuhan, pemerkosaan, dan penghancuran rumah warga Rohingya telah menyebar luas. Namun tidak dapat dikonfirmasi lebih lanjut mengingat terbatasnya akses masuk yang diberlakukan pemerintah Myanmar. (liputan6.com)

 

131 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *