Pemerintah Provinsi Lampung upayakan mengembalikan fungsi utama PKOR Way Halim Bandar Lampung sebagai sarana olahraga

Area gelanggang PKOR Way Halim. Foto : http://lampung.tribunnews.com
Area gelanggang PKOR Way Halim. Foto : http://lampung.tribunnews.com

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Pemerintah Provinsi Lampung melakukan penertiban untuk mengembalikan fungsi utama PKOR Way Halim sebagai sarana olahraga. Direncanakan juga akan menambah bangunan baru yang akan membuat masyarakat yang menggunakan fasilitas PKOR lebih nyaman.

Hal ini disampaikan oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadist dalam Rapat pembahasan penataan aset Pemerintah Provinsi Lampung PKOR Way Halim di ruang rapat asisten, Rabu 18 Januari 2017.

Beberapa hari yg lalu Satuan Polisi Pamong Praja sudah menindak lanjuti penertiban terhadap bangunan liar dan pedagang yang tidak berizin di PKOR Way Halim, untuk selanjutnya mengembalikan fungsi PKOR sebagai sarana olahraga bagi masyarakat.

“Disana merupakan tempat kegiatan untuk olahraga, bukan tempat membuang sampah,” ujarnya.

Menurut Hamartoni, Pemerintah Provinsi Lampung menilai kawasan PKOR saat ini sudah mulai lebih baik dari sebelumnya, dengan meningkatnya kebersihan dan kenyamanan, masyarakat dapat menggunakan sarana dan fasilitas PKOR sesuai dengan fungsinya.

“Selain itu, Pemerintah Provinsi Lampung juga akan memperbaiki stadion PKOR Way Halim mengingat prestasi tim sepak bola Lampung yang semakin diakui oleh masyarakat Indonesia karena memasuki liga utama Indonesia yang sementara ini memanfaatkan stadion pahoman sebagai tempat latihan dan pertandingan,” bebernya.

Selain hal tersebut, lanjut Hamartoni, pemerintah juga mempertimbangkan untuk area PKOR agar dapat dimanfaatkan bagi masyarakat untuk berdagang tanpa mengganggu pemanfaatan fungsi PKOR yang seharusnya

“Perlu adanya konsep yang matang, seperti areal parkir dan lahan bagi pedagang sehingga tidak ada lagi pedagang yang berjualan di jalan yang menghalangi pintu masuk, sehingga tidak menggangu bagi masyarakat lain dalam melakukan kegiatan olahraga,” ungkap Hamartoni

Sementera itu, Kepala BAPPEDA Taufik Hidayat menambahkan bahwa di tahun 2017 pemerintah akan memperbaiki fungsi PKOR kembali sesuai dengan fungsi yang sebenarnya, baik untuk olahraga, pariwisata maupun areal berdagang.

“Dengan meningkatkan areal pariwisata seperti mengaktifkan anjungan yang ada, diharapkan dapat meningkatkan fungsinya selain sebagai tempat berolahraga dapat pula dijadikan sebagai tempat pariwisata untuk pengenalan produk unggulan dan budaya dari daerah masing-masing yang ada di lampung,” kata Taufik.

“Dengan hampir selesainya gedung kesenian Lampung yang berguna bagi pentas seni budaya lampung, dan dengan adanya perencanaan seperti perehapan gedung KONI, terdapatnya lapangan softball, pemasangan lintasan sintetis di stadion PKOR yang akan membuat wilayah PKOR semakin komplit dan elit,” ujarnya.

Pada tempat yang sama, Kasat Pol PP Jayadi menyatakan jajarannya telah melakukan pembersihan terhadap beberapa pedagang yang tidak mengindahkan teguran dan peringatan yang telah disampaikan sebelumnya.

“Sehingga dalam pembersihan ini terdapat 16 kafe, 15 bangunan permanen, 456 pedagang kaki lima, 19 gubuk telah di tertibkan secara keseluruhan,” ungkap Kasat.

Diinformasikan Kepala Biro Humas dan Protokol Bayana, dalam rapat ini dihadiri oleh Kadis Pemuda dan Olahraga Hannibal, Kadis Pariwisata Budiharto, Kadis Koperasi UKM Satria Alam. Selain itu hadir juga Kasat Pol PP Jayadi, Kepala BAPPEDA Taufik Hidayat, perwakilan Kadis Perumahan Pemukiman Hanjar S, Karo Hukum Zulfikar, Perwakilan Biro perlengkapan dan Manager PLN Way Halim Suherman.***

Reporter : Robert

140 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *