Boros di Akhir Tahun? Intip Cara-cara Kembalikan Uang di Bulan Januari

RADIO SUARA WAJAR – Sangat mudah untuk jadi boros saat pergantian tahun. Selain banyaknya penawaran sale, momen tersebut juga sering dimanfaatkan untuk liburan bersama keluarga atau teman. Tak heran jika tabungan menipis di bulan Januari. Untuk mengimbangi pengeluaran berlebih di akhir tahun, disarankan agar kita lebih berhemat di bulan ini. Simak tujuh cara mudah mengembalikan tabungan Anda berikut ini, yang berhasil kami kutip dari wolipop.com:

  1. Sarapan dan Bawa Bekal

Salah satu cara berhemat yang paling mudah dan efektif adalah mengurangi biaya makan. Untuk itu, dianjurkan agar kita membawa bekal makan siang dari rumah. Selain bekal, ada baiknya juga agar kita sudah sarapan di rumah sebelum berangkat ke kantor. Dengan begitu, keinginan untuk beli makanan di luar akan semakin berkurang dan pengeluaran jadi lebih sedikit.

  1. Pakai Tunai

Cara ini tentu sudah sering kita dengar sebelumnya. Yakni agar lebih banyak menggunakan uang tunai dari pada kartu debit atau kredit ketika bertransaksi. Dilansir Cosmopolitan, disarankan agar mengambil uang seperlunya di awal minggu untuk membayar segala keperluan. Pastikan jika kita menyesuaikan pengeluaran jangan sampai sering mengambil uang tunai karena boros.

  1. Belanja Sale

Inilah saatnya kita untuk memanfaatkan sejumlah sale yang ditawarkan supermarket atau brand kesayangan. Namun hindari membeli barang sale yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan, misalnya busana atau kosmetik. Pergunakan momen diskon untuk membeli keperluan rumah tangga atau mengganti barang yang rusak.

  1. Jual Barang

Jika ada, jual pula barang-barang kita yang tidak terpakai demi mengembalikan uang di tabungan. Bisa juga dengan menjual item-item yang kita beli saat sale akhir tahun lalu namun menyesal karena tidak akan terpakai. Setelah dijual melalui aplikasi, situs belanja, atau media sosial, pastikan uangnya langsung masuk ke rekening untuk ditabungkan.

  1. Pikir-pikir

Cara lain agar bisa berhemat di bulan Januari adalah lebih sering pikir-pikir. Maksudnya sebelum membeli atau bertransaksi, pikir matang-matang apakah sebenarnya kita sangat membutuhkan barang tersebut. Jika bisa menunggu hingga bulan selanjutnya, sebaiknya jangan dibeli dulu.

  1. Kartu Anggota Tak Terpakai

Punya keangggotaan gym tapi jarang terpakai? Ada baiknya untuk berhentikan saja dan berolahragalah di rumah. Begitu pula dengan fasilitas langganan lain yang sebenarnya tidak terlalu penting, misalnya majalah, boks kecantikan, tv kabel yang jarang ditonton, dan lain-lain.

  1. Perbaiki Kebiasaan Belanja

Bulan Januari sebaiknya juga dijadikan momen untuk memperbaiki kebiasaan belanja kita. Coba analisa apa yang membuat kita boros di tahun sebelumnya kemudian hindari membuat kesalahan yang sama. Jadikan hal itu sebagai resolusi awal tahun dengan harapan kebiasaan baik ini akan berlanjut hingga akhir 2017 dan tahun selanjutnya. (ami/ami – SG)

 

 

159 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *