Bolehkah Pakai Makeup Saat Sedang Jerawatan?

penyebab-jerawat

RADIO SUARA WAJAR – Jerawat sebenarnya adalah gejala peradangan yang muncul pada lapisan bawah kulit dan banyak dipengaruhi oleh hormon. Tapi tahukah Anda bahwa jerawat bukanlah akibat dari pemakaian makeup? Yang terjadi adalah, ada beberapa jenis makeup yang memicu munculnya jerawat pada bagian kulit yang memang telah cenderung bermasalah.

Dikutip dari Hellosehat.com, kini kita dapat menggunakan riasan untuk menyamarkan jerawat, tetapi mengaplikasikan bertumpuk-tumpuk lapisan riasan saat kita memiliki jerawat bukanlah hal yang baik. Riasan dapat bekerja dengan baik untuk menyembunyikan jerawat, tetapi juga dapat menimbulkan jerawat jika kita menggunakan concealer yang tidak tepat atau menggunakannya terlalu tebal. Jerawat juga dapat terlihat lebih buruk ketika kita memakai riasan terlalu tebal.

Apa yang perlu dilakukan?

Semua makeup kita, dari blush on hingga eye shadow, haruslah berlabel non-comedogenic, hypoallergenic, tidak mengiritasi, dan bebas minyak. Bacalah komposisinya seperti silica, titanium dioxide, dan zinc oxide, yang dapat menyerap minyak dan menyamarkan kemerahan tanpa mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat. Bahan lainnya adalah dimethicone, yang juga dapat menyamarkan kemerahan sekaligus menghaluskan kulit.

Produk yang harus dihindari ketika membeli makeup

Hindarilah formula yang mengakibatkan iritasi. Hal ini penting untuk mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat karena peradangan dapat memperburuk jerawat dan kulit berminyak. Iritasi harus diwaspadai karena penelitian telah menunjukkan bahwa Anda bisa jadi tidak mengetahui bahwa kulit Anda sedang teriritasi.

Bagaimanapun, peradangan pada kulit adalah hasil dari paparan berulang pada penyebab iritasi, yang membuat perlindungan kulit semakin lemah, memperlambat penyembuhan (termasuk bekas merah), menyebabkan kekusaman, dan berbagai tanda lainnya.

Jika itu belum cukup, peradangan pada kulit juga mendukung meningkatnya produksi jerawat dan membuat kulit berminyak semakin berminyak. Sangat amat penting untuk menghindari makeup apapun yang berbahan dasar alkohol, dan produk makeup yang beraroma (mengandung parfum). Ini juga berlaku untuk produk perawatan kulit alias skin care.

Jika kita memiliki kecenderungan berjerawat, maka hindarilah riasan yang tebal atau riasan berbentuk padat seperti stick dan krim Hal yang sama berlaku juga untuk bronzers atau blush on berbentuk stick, krim, atau krim bedak. Tipe bahan yang membuat produk ini tetap awet dan padat (biasanya lilin, atau apapun yang meyerupai bahan seperti polythylene atau ethylhexyl palmitate) sangat berbahaya untuk kulit yang berjerawat.

Jika kita mencari formula yang sedang atau perlindungan penuh untuk menyamarkan pemudaran warna kulit, bekas merah, dan jerawat, concealer cair dapat memberikan kekuatan riasan yang kita inginkan. (SG)

 

 

156 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *