7 Makanan Penambah Stamina

RADIO SUARA WAJAR – Ibu Rumah Tangga serta rekan remaja putri, liburan telah usai, saatnya kembali bekerja dan menyiapkan perlengkapan sekolah Si Kecil. Tapi ternyata tanpa diduga, Si Kecil tiba-tiba demam dan pasangan kita menunjukan gejala flu? Tampaknya, kita perlu waspada. Ibu rumah tangga serta rekan remaja putri, kita dapat menyediakan beberapa makanan berikut untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti yang berhasil dikutip dari motherandbaby.co.id:

  1. Yogurt

Probiotic yang terkandung dalam yogurt, mampu menjaga usus dan saluran usus bebas dari kuman penyebab penyakit. Sebuah penelitian dari University of Vienna di Austria menemukan bahwa 7 ons yogurt sehari mampu memberikan efek yang baik bagi usus dan pencernaan kita.

  1. Oats

Makanan yang satu ini mengandung beta-glucan, jenis serat dengan kemampuan antimikroba dan antioksidan lebih kuat dari echinacea. Oats berguna untuk meningkatkan kekebalan, kecepatan penyembuhan luka, dan dapat membantu antibiotik bekerja lebih baik.

  1. Makanan Laut

Selenium yang terdapat dalam lobster, kepiting, dan kerang, membantu sel darah putih memproduksi sitokin-protein yang dapat membantu virus flu yang jelas keluar dari tubuh. Tidak hanya itu, salmon dan mackerel juga kaya akan omega-3 yang dapat mengurangi peradangan, meningkatkan aliran udara dan melindungi paru-paru dari flu dan infeksi saluran pernapasan.

 

  1. Daging

Kekurangan zat besi adalah salah satu kekurangan gizi yang paling umum di antara orang dewasa di Amerika khususnya. Menurut William Boisvert, PhD, seorang ahli giziĀ  di The Scripps Research Institute di La Jolla, CA, mengatakan bahwa mengonsumsi daging sangat penting untuk perkembangan sel-sel darah putih yang dapat menghancurkan bakteri dan virus yang melemahkan kekebalan tubuh.

  1. Ubi Jalar

“Vitamin A memainkan peran utama dalam produksi jaringan ikat, sebuah komponen kunci dari kulit,” ujar David Katz, MD, direktur Yale-Griffin Prevention Research Center di Derby, CT. Salah satu yang dapat Anda konsumsi untuk mendapatkan vitamin A adalah dengan makanan makanan yang mengandung beta-karoten, seperti ubi jalar, wortel, labu, atau melon.

  1. Jamur

Selama berabad-abad, orang di seluruh dunia telah berpaling ke jamur untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat. “Studi menunjukkan bahwa jamur meningkatkan produksi dan aktivitas sel-sel darah putih, membuat mereka lebih agresif. Ini adalah hal yang baik bila Anda memiliki infeksi,” kata Douglas Schar, DipPhyt, MCPP, MNIMH, direktur Institute of Herbal Medicine di Washington DC. Anda dapat mengonsumsi jamur shiitake, maitake, dan jamur reishi untuk menu makan malam Anda.

  1. Bawang Putih

Bawang ini relatif ampuh mengandung allicin bahan aktif, yang melawan infeksi dan bakteri. Studi menunjukkan bahwa pecinta bawang putih dapat memiliki 30% lebi rendah risiko terkena kanker kolorektal dan 50% lebih rendah risiko kanker perut. (SG)

 

132 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *