Film-Film yang Dapat Membangkitkan Semangatmu

RADIO SUARA WAJAR – Siapa bilang mencari pekerjaan itu tidak menguras tenaga? Kenyataannya mencari kerja sama melelahkannya dengan karyawan yang sedang bekerja. Kegiatan interview yang mengharuskan kita berpakaian rapih dan memberikan performa yang terbaik, kadang kala dapat membuatmu lelah dan berpikir untuk menyerah. Atau saat ini kita sedang merasa bosan dan lelah dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari, seakan hilang semangat.

Rekan-rekan kawula muda yang saat ini sedang meniti karir, saat kita mulai merasakan tanda-tanda putus asa, mungkin pergi ke bioskop atau menonton DVD dapat mengistirahatkan pikiran. Berikut ada beberapa daftar film yang dapat menghadirkan kembali semangat kita meraih pekerjaan dan karir impian, seperti yang berhasil kami kutip dari jobsdb.id.com:

  • Office Space (1999)

Film ini bercerita tentang sekumpulan karyawan perusahaan IT yang suasana kantornya suram dan seakan tidak ada kehidupan. Beban pekerjaan yang menumpuk serta atasan yang terlalu menuntut mendorong mereka untuk mencari-cari pekerjaan lain. Keadaan Peter Gibbons dan rekan kerjanya bertambah parah saat perusahaan tempat mereka bekerja memutuskan untuk mem-PHK-kan sebagian karyawan atas dasar penghematan anggaran. Cara yang mereka tempuh mungkin terlihat ekstrem, namun satu pelajaran dari filim ini adalah kita harus tahu bahwa kita berharga sebagai karyawan. Jika kita merasa tertindas di kantor, berarti ini saatnya kita ajukan surat resign ke atasan. Masih banyak kantor lain yang akan menghargai kerja keras kita.

  • Man of Honor (2000)

Berkisah tentang perjuangan warga Amerika kulit hitam untuk dapat menjadi bagian dalam kesatuan angkatan laut Amerika. Dia mendapatkan banyak kesulitan karena masalah rasisme, namun pada akhirnya mimpi untuk bergabung menjadi angkatan laut dapat terwujud. Perjuangan Carl Bashear tidak berhenti sampai sini saja, kecelakaan yang terjadi di kapal membuat ia harus kehilangan kakinya. Sulit bagi Carl untuk menjadi penyelam dengan kondisi tersebut dikarenakan pada saat kejadian, baju penyelam memiliki berat berton-ton. Namun dengan usaha yang gigih dengan terus menerus berlatih, pengadilan memutuskan bahwa ia pantas untuk menjadi penyelam di angkatan laut Amerika Serikat.

  • High Fidelity (2000)

Bagi kita yang sedang mencari pekerjaan baru dan kesempatan baru atau bagi kita yang baru menemukan mimpi dan tujuan hidup, film ini sangat cocok untuk ditonton.  Dikisahkan Rob Gordon yang berprofesi sebagai manajer dari toko musik, berusia 30an tahun namun masih berjiwa muda. Gordon menyadari bahwa diusia yang sekarang ini bukan saatnya lagi untuk berjiwa labil dan kekanak-kanakan, ia harus bersikap dewasa. Dia menemukan tujuan hidupnya melalui pertolongan dari seorang teman dan rasa cintanya terhadap music. Film ini penuh dengan karakter unik dan budaya yang sangat pop kekinian, walaupun begitu film ini bukan hanya cocok bagi para penggemar music saja tapi juga bagi yang membutuhkan semangat baru dalam mencari pekerjaan. Mengetahui apa yang sesungguhnya kita mau dan passion yang kita miliki merupakan poin penting dalam mencari pekerjaan. Dengan melakukan hal tersebut, kita tidak akan merasakan ragu lagi apakah suatu pekerjaan akan cocok untuk kita atau tidak.

  • The Pursuit of Happyness (2006)

Film autobiografi, dibintangi oleh Will dan Jaden Smith, menceritakan tentang perjalanan hidup Chris Gadner, dari saat dia menjadi gelandangan hingga menjadi CEO dari perusahaan pialang saham yang ia rintis. Segala cara ia tempuh untuk menghidupi keluarganya, dari mulai menjadi penjual scanner tulang portable hingga menjadi karyawan magang tanpa bayaran di sebuah perusahaan pialang saham. Pengalaman dan semangat dari Chris Gadner inilah yang akan member kita inspirasi untuk terus mencari kesempatan yang lebih baik. Chris menunjukkan kesungguhannya agar putranya mendapatkan kehidupan yang lebih baik. The Pursuit of Happyness mengajarkan kita untuk tidak pernah patah semangat untuk berjuang dalam keadaan sesulit apapun.

  • Julie & Julia (2009)

Kadang mukjizat datang disaat yang tidak disangka-sangka. Ini yang dialami Julie Powell yang menemukan inspirasi saat ia mengalami kejadian tidak menyenangkan. Julie Powell yang berprofesi sebagai penulis amatir, bekerja di call center, menemukan passion-nya di bidang kuliner saat ia bersumpah akan memasak 524 makanan yang tertera di buku berjudul Child’s Book. Lalu dia mendokumentasikan pengalamannya di blog pribadi miliknya berjudul Julie & Julia; 365 Days, 524 Recipes, 1 Tiny Apartment Kitchen.

Film ini akan memberikan inspirasi kepada kita bahwa kita akan menemukan karir yang cocok bagi kita melalui hobi dan minat kita. Seperti apa kata yang banyak orang bilang, bila pekerjaan kita sesuai dengan hobi dan minat, berarti kita akan senang menjalaninya.

  • 3 Idiot (2009)

Film Bollywood ini menceritakan tentang seorang anak petani miskin yang mampu berjuang menjadi milyader dengan jalan yang cukup unik. Film ini dimulai dari sebuah universitas yang seperti sekolah pada umumnya yang lebih menekankan cara belajar menghapal dan konvensional. Lalu datanglah seorang pemuda cerdas yang memiliki cara unik dalam belajar, ia mengaplikasikan pelajaran yang dia dapat ke berbagai unsur kehidupan. Pemuda ini pun lulus dengan nilai bagus, namun setelah itu ia hilang tanpa jejak. Diakhir cerita pemuda yang katanya anak orang kaya ini ternyata kenyataannya merupakan anak petani miskin. Dia bersekolah menggunakan jati diri anak tuan majikannya yang kemudian ijazahnya diberikan kepada anak majikannya tersebut. Film ini menginspirasikan bahwa meskipun tanpa ijazah yang memadai, semua orang masih punya kesempatan untuk sukses.

  • Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Film yang diangkat dari buku fenomenal karya Merry Riana menceritakan tentang kisah yang dialami sendiri oleh sang penulis. Setting film ini berawal pada saat Indonesia mengalami krisis moneter dan keadaan Negara sedang tidak stabil, keluarganya memutuskan untuk mengirim Merry melanjutkan sekolah ke Singapura. Hidup di Negara asing dengan tidak memiliki kerabat sama sekali dan persediaan uang yang menipis, membuat Merry harus berjuang untuk menyambung hidup. Semangat yang digambarkan Merry dapat memberi inspirasi kepada kamu untuk jangan menyerah dalam menggapai karir impian.

Rekan-rekan kawula muda, saat kita mulai lelah dalam menggapai karir impian, santai sejenak untuk sekedar “menghirup nafas” sangat diperbolehkan. Malah bila kita terlalu stress bisa-bisa kita tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan menonton film yang bisa menginspirasi, semangat dalam mencari pekerjaan dan semangat untuk memulai rutinitas pekerjaan sehari-hari akan timbul kembali. Kita pun akan tampil lebih maksimal. (SG)

 

150 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *