Resolusi Karier agar Sukses di 2017

RADIO SUARA WAJAR – Rekan – rekan kawula muda yang saat ini sedang meniti karir, tahun 2016 akan segera usai. Sebentar lagi, kita akan memasuki tahun 2017. Di tahun yang baru, banyak orang menyusun kembali berbagai hal yang diimpikannya tak terkecuali dalam berkarir. Beberapa resolusi baru ditentukan untuk dicapai selama setahun ke depan.

Impian untuk sukses di tahun 2017 merupakan keinginan yang banyak diinginkan para pekerja. Bagi Anda yang sedang menyusun resolusi karier di tahun depan, beberapa hal ini bisa Anda pertimbangkan.

Berikut beberapa resolusi karier yang bisa Anda terapkan agar sukses di tahun 2017 dilansir dari Forbes beberapa waktu lalu:

  1. Perluas koneksi

Agar karier Anda bisa semakin sukses, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memperluas koneksi yang Anda miliki. Jaringan yang luas bisa membuat Anda mudah mewujudkan apa yang diinginkan.

  1. Tingkatkan profil di dunia maya

Saat ini, banyak perusahaan dan head hunter yang mencari karyawan potensial lewat dunia maya. Untuk itu, memiliki profil yang baik di dunia maya sangatlah dibutuhkan agar Anda tidak terlewatkan kesempatan ini.

  1. Bangun kebiasaan baik di pagi hari

Seringkali, resolusi tahun baru kandas akibat kita yang tidak memiliki kebiasaan yang baik. Solusinya, cobalah untuk maksimalkan diri dan membangun kebiasaan baik. Manfaatkan juga waktu pagi hari untuk melakukan kegiatan produktif.

  1. Bergerak lebih aktif di kantor

Jangan hanya menunggu. Di tahun yang baru ini cobalah untuk lebih aktif di kantor untuk menggapai tujuan karier yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin naik gaji, cobalah untuk memberanikan diri berbicara dengan atasan. Anda juga bisa memberikan beberapa masukan apabila merasa ada yang kurang dengan kinerja perusahaan.

  1. Jeli lihat peluang

Jangan lupa juga untuk selalu melihat peluang yang menghampiri Anda. Apabila dimanfaatkan dengan baik, peluang ini bisa memberikan pemasukan tambahan bagi Anda.

Rekan-rekan kawula muda yang saat ini sedang meniti karir, mungkin di antara kita ada yang membuat resolusi ingin mendapatkan pekerjaan karena baru lulus kuliah, atau ingin bekerja di perusahaan besar. Namanya juga resolusi, pasti ada yang tercapai dan ada yang tidak. Tapi ingat satu hal, jangan biarkan kariermu jalan di tempat di tahun 2017 mendatang.

Yuk raih kesuksesan karier di tahun 2017 dengan deretan resolusi berikut ini.

  • Alokasikan bonus untuk investasi

Apa yang kita lakukan saat menerima bonus? Ditabung atau langsung dibelikan barang-barang favorit? Banyak orang tidak punya rencana saat menerima bonus, sehingga berakhir jadi pemborosan. Kalau kita tidak punya tabungan meski sudah lama bekerja, tandanya kita bukan kerja, tapi ‘dikerjai’. Padahal, kita pasti punya target misalnya liburan ke luar negeri atau membeli rumah.

Sebelum tahun 2017 dimulai, pastinya kita sudah punya bayangan di bulan-bulan apa saja mendapat bonus. Misalnya jika gajimu Rp4 juta, maka pasti kita akan mendapat THR Idul Fitri sebanyak satu kali gaji. Lalu ada bonus tahun baru sebanyak Rp1 juta dan bonus-bonus lainnya yang jika ditotal Rp1 juta. Dalam setahun kita bisa mendapat bonus Rp6 juta. Jika uang Rp4 juta tersebut diinvestasikan dalam reksadana selama tiga tahun dengan imbal hasil 20%, maka kita akan mendapatkan Rp17,4 juta.

  • Cari pekerjaan sampingan

Karena berstatus sebagai karyawan dengan pendapatan tetap, kita bisa memperkirakan berapa total gaji beserta bonus sampai akhir tahun nanti. Masih merasa kurang? Tandanya kita harus mencari bisnis sampingan atau pekerjaan sampingan. Siapa tahu pemasukan dari sini bisa lebih besar dari gaji kita.

  • Ikut kursus keahlian

Merasa kalah saing di kantor? Teman-teman seusia kita sudah naik pangkat sedangkan kita masih di situ-situ saja. Mungkin rahasia suksesnya karena mereka punya keahlian yang lebih daripada kita. Baik itu dari segi penguasaan bahasa atau keahlian komputer.

Kalau demikian kenyataannya, tandanya kita harus ikut kursus keahlian. Coba cari tahu kursus keahlian yang jadwalnya bisa disesuaikan dengan jadwal karyawan.

  • Mendapatkan beasiswa di kantor

Sekolah S2 ke luar negeri dan dibayari kantor? Siapa sih yang tidak mau. Tapi memangnya ada? Itulah tugas kita untuk mencari tahu. Kalau perusahaan tempat kita bekerja merupakan perusahaan besar, sangat mungkin kita mendapat kesempatan beasiswa. Kesempatan semakin besar kalau kita memang pekerja berpotensi.

Kalaupun kantor tidak menyediakan beasiswa, pasti banyak pelatihan-pelatihan di dalam maupun luar negeri yang bisa kita ikuti. Perkaya diri dengan ilmu mumpung masih muda.

  • Berolahraga dan jaga kesehatan

Yang ini tak kalah penting, karena dengan fisik yang kuat seseorang dapat menghasilkan sesuatu yang berguna bagi karirnya. (SG)

 

177 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *