Pemprov Lampung kucurkan Rp. 14,789 miliar bagi 2.640 desa/kelurahan

 

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo saat penyerahan bantuan keuangan kepada desa/kelurahan se- Provinsi Lampung di Balai Keratun, Kantor Gubernur, Jumat 16 Desember 2016.
Gubernur M Ridho Ficardo saat penyerahan bantuan keuangan kepada desa/kelurahan se- Provinsi Lampung di Balai Keratun,  Jumat 16 Desember 2016.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Pemerintah Provinsi Lampung mengucurkan bantuan dana peningkatan administrasi pemerintahan desa/kelurahan sebanyak Rp. 14,789 miliar bagi 2.640 desa/kelurahan se-Provinsi Lampung.

Dana bantuan itu akan diserahkan melalui transfer langsung sebesar Rp 5.600.000 ke masing-masing rekening desa/kelurahan untuk membantu kegiatan administrasi.

Itu disampaikan Gubernur Lampung M Ridho Ficardo pada acara silahturahmi dengan kepala desa/pekon/kampung/tiuh dan kelurahan dalam rangka penyerahan bantuan Keuangan kepada desa/kelurahan se- Provinsi Lampung dan Pencanangan Aplikasi Siskeudes tahun 2016. Acara berlangsung di Balai Keratun, Kantor Gubernur, Jumat 16 Desember 2016.

M Ridho Ficardo berharap kepada para penerima bantuan untuk memanfaatkan bantuan dimaksud sesuai yang diharapkan guna mendukung optimalisasi penyelenggaraan pemerintaan desa/kelurahan dan pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan di desa/kelurahan.

”Untuk itu dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, BPKP telah melakukan MoU dengan Kemendagri yang mewajibkan aplikasi Sistem Informasi Keuangan Desa (SISKEUDES) digunakan oleh Pemerintah Desa di seluruh Indonesia

Sistem ini memiliki keunggulan mudah dioperasikan pemerintah desa, terintegritas mulai dari perencanaan penatausahaan sampai dengan pelaporan.

“Laporan yang dihasilkan juga diformulasikan sesuai aturan yang berlaku. Aplikasi ini juga diberikan secara gratis kepada pemerintah desa,” kata Gubernur.

Lebih lanjut disampaikan, desa/kelurahan yang membentuk negara. Sehingga maju atau tidaknya, sejahtera atau tidaknya negara tergantung dari desa. Terutama desa miskin dan desa tertinggal yang harus lebih diperhatikan.

“Sesuai dengan konsep Presiden RI membangun Indonesia dari pinggiran/desa. Pemprov Lampung juga memberikan bantuan keuangan. Ini merupakan bentuk bantuan dari Pemerintah yang Insya Allah akan ditingkatkan setiap tahunnya,” ujar Gubernur.

Sementara Itu Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Dadang Kurnia menyampaikan harapannya untuk desa/kelurahan yang ada di Provinsi Lampung.

“Semoga bantuan dan aplikasi Siskeudes ini dapat mendukung optimalisasi Desa/Kelurahan. Karena aplikasi ini dikembangkan bersama dengan Kemendagri. Yakni untuk membantu keuangan desa menjadi laporan keuangan kabupaten/kota,” katanya.

Siskeudes menurut Dadang Kurnia, juga dapat mencatat seluruh dana desa untuk mempercepat buku pelayanan desa,” ungkapnya.***

Reporter : Robert

90 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *