Renungan Harian, Rabu 7 Desember 2016

Rabu Adven II, PW. St. Ambrosius, Uskup dan Pujangga Gereja

Bacaan: Matius 11:28-30

11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 11:29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. 11:30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.”

Renungan

St. Ambrosius hadir ditengah umat yang sedang dalam masa krisis kepercayaan pada Gereja. Banyak umat yang tidak lagi melihat adanya sosok yang patut menjadi seorang uskup untuk menggembalakan umat. Kehadiran Ambrosius membawa kesegaran baru, membawa kelegaan yang dirindukan umat. Kata-kata dan perbuatan Ambrosius membuat orang-orang yang berbeban berat menjadi semangat, yang putus harapan menjadi mempunyai harapan baru. Jadilah ia diangkat menjadi seorang uskup.

Itulah teladan Ambrosius yang bisa kita teladan dalam hidup kita sebagai umat beriman. Apa yang menjadi semangat Ambrosius mempunyai dasarnya dari apa yang dikatakan Yesus hari ini “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu”. Yesus datang membawa kesegaran baru, ia melegakan orang-orang yang letih lesu dan berbeban berat. Siapa yang datang kepadanya, menimba sumber hidup dari-Nya akan mendapat kelegaan.

Mari kita belajar mengalami kelegaan dalam Yesus. Pengalaman itulah yang menjadikan kita mampu untuk mewartakan hal yang sama kepada orang lain. Pengalaman kelegaan dalam Yesus menjadi dasar bagi kita untuk mempunyai perkataan yang membawa kelegaan. Aroma gerak-gerik kita membawa orang yang lelah pada kesegaran baru. Jangan sampai justru orang yang mencari kelegaan semakin susah setelah bertemu dengan kita.

Mari belajar menjadi lemah lembut seperti yang dilakukan oleh Tuhan kita. Ia yang rela merendahkan diri demi keselamatan kita, patut menjadi bagian dari hidup kita. Teladan-Nya yang sempurna menjadi teladan bagi kita juga di dalam kehidupan beriman. Semoga karena pengalaman perjumpaan kita dengan Allah, memampukan kita untuk membawa kesegaran di dalam setiap kehadiran diri kita.

Doa

Ya Tuhan, ajarilah kami untuk bersikap lembah lembut dan rendah hati. Bantulah kami agar kami mampu menghadirkan kesegaran baru yang berasal dari-Mu sendiri dalam hidup kami. Semoga dengan demikian, kami mampu menjadi murid-murid-Mu yang bijaksana. Amin.

 

131 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *