Tiga Tahun Pastoral Keluarga Keuskupan Bandung

RADIO SUARA WAJAR – Keuskupan Bandung menjalankan fokus pastoral keluarga sejak 2016 hingga 2018. Tema besar yang diambil adalah “Keluarga Katolik: Sehati Sejiwa Berbagi Sukacita”. Langkah ini diambil sesuai promulgasi Uskup Bandung Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC di akhir Sinode Keuskupan Bandung 2015.

Fokus Pastoral itu kemudian dibagi dalam tiga sub tema, masing-masing 2016 “Keluarga menghadirkan belas kasih Allah,” 2017 “Keluarga bersekutu dalam komunitas Basis Gerejani,” dan 2018 “Keluarga Saling Berbagi: Peran Keluarga dalam Masyarakat.”

Agar keluarga-keluarga Katolik di keuskupan itu semakin menghayati kekudusan perkawinan dan keutuhan keluarga, sebagai tujuan dari fokus pastoral 2016, maka baru-baru ini dilaksanakan sebuah seminar “Keluarga Tangguh: Sebuah Perjalanan, Mengasihi, Mengampuni, dan Melayani.”

Seminar yang diselenggarakan oleh Tim Fokus Pastoral Keuskupan Bandung di Aula Trinitas Bandung, 26 November 2016 itu dihadiri keluarga-keluarga dari Bandung, Cimahi, Lembang, Purwakarta, Karawang, Pamanukan, Tasikmalaya, Depok, Jakarta, dan Surabaya.

Ketua Komisi Keluarga Keuskupan Bandung Pastor Yoyo Yohakim OSC dalam seminar itu  menjelaskan bahwa keluarga yang tangguh, kokoh, dan utuh adalah harapan setiap orang yang membina kehidupan berkeluarga. Maka, dalam rangka menciptakan suasana seperti itu, pasangan suami istri berusaha memperjuangkan apa yang baik untuk keluarganya. Namun tidak dapat disangkal, kadang masalah datang dalam keluarga. Bahkan kadang suami istri saling menyakiti, baik dalam sikap maupun kata-kata. Situasi-situasi ini bisa mengancam keutuhan kehidupan berkeluarga.

Uskup Bandung Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC mengakui hal itu saat memberikan pengantar seminar ini. Mgr. Bunjamin mengatakan bahwa Gereja mesti hadir di sana. Sukacita keluarga adalah sukacita Gereja, demikian pula dukacita keluarga adalah dukacita Gereja. (Penakatolik.com)

 

134 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *