Provinsi Lampung Kejar Target Penyeselaian Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera

Jalan Tol Trans Sumatera.
Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR – Pemerintah Provinsi Lampung “berpacu dengan waktu” mengejar target penyeselaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) khususnya yang melintas di wilayahnya.

Menurut Gubernur M Ridho Ficardo persiapan pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,452 Km dengan luas lahan 2.671,62 Ha berjalan dengan cepat dan lancar.

“Sehingga mendapatkan apresiasi oleh Presiden Joko Widodo dengan predikat tercepat di Indonesia,” kata Gubernur di Bandar Lampung, Rabu 16 November 2016.

Gubernur Lampung berharap jalan tol itu dapat dipergunakan pada tahun 2018 sehingga mengurangi kepadatan lalu lintas sekaligus jalan provinsi maupun kabupaten/kota tidak mudah rusak karena beban muatan.

M Ridho Ficardo menugaskan jajarannya untuk segera melakukan konsultasi publik khususnya kepada masyarakat yang lahannya calon dilintasi pembangunan jalan tol.

“Yakni dengan Surat Keputusan Gubernur Lampung Nomor G/531/B. V/Hk/2016 tentang pembentukan Tim Persiapan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang STA0+000 sampai dengan STA 40 + 000,” ujarnya.

Pada tempat yang sama, Kepala Biro Umum Yudhi Hermanto menjelaskan, kebutuhan tanah untuk jalan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang memerlukan lahan dengan panjang 112 Km, lebar 120 M (60 M untuk jalan tol dan 60 M untuk kabel listrik, pipa gas dan jalan kereta api).

“Sedangkan pelaksanaan konsultasi publik telah dilaksanakan dari kemarin Selasa 15 Nov yakni di Desa Terbanggi Besar dengan kesepakatan masyarakat menyetujui lahannya dipergunakan untuk jalan tol,” jelasnya.

Sedangkan pada Rabu 16 Nov 2016, lanjut Yudhi Hermanto, timnya melakukan konsultasi publik di dua tempat yakni di Kampung Lempuyang Bandar dan Bandar Agung Kecamatan Way Pengubuhan Kabupaten Lampung Tengah.***

Reporter : Robert

225 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *