17-22 November Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung adakan FLASH 2016

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung Arief Hartawan. Foto : Robert
Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung Arief Hartawan. Foto : Robert

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Bank Indonesia memiliki perhatian yang besar dan berkepentingan untuk mendorong berkembangnya ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Untuk itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menginisiasi penyelenggaraan kegiatan diseminasi, pameran, bazaar dan lomba terkait ekonomi dan keuangan syariah dengan nama “Festival Lampung Syariah (FLASH)”.

Kegiatan FLASH ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian kegiatan Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2016 yang dimulai pada Selasa, 25 Oktober sampai dengan 30 Oktober 2016, dipusatkan di Kota Surabaya, Jawa TImur.

Seperti halnya ISEF, kegiatan FLASH di Lampung rencananya akan menjadi agenda tahunan Bank Indonesia Provinsi Lampung yang untuk pertama kali akan diselenggarakan selama enam hari penuh dimulai pada tanggal 17 hingga 22 November 2016. Kegiatan ini juga melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asbisindo, BMPD, serta Dinas Pendidikan Provinsi Lampung.

Dalam FLASH tahun ini, KPw Prov. Lampung akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan seperti talkshow ekonomi syariah, pameran produk halal, serta jasa berbasis syariah.

Selain itu, juga ada kegiatan diseminasi yang menghadirkan narasumber yang dapat menginspirasi masyarakat dalam merencanakan pengembangan usaha terutama bisnis berbasis syariah.

Antara lain pengembangan usaha kuliner/makanan halal dan sehat, membangun usaha bisnis syariah secara online, sampai dengan bagaimana mengelola keuangan/manajemen bisnis yang baik.

Pada saat pembukaan, rencananya akan dihadiri dan dibuka oleh Gubernur Lampung dan dimeriahkan oleh penampilan “Cak Lontong” dalam acara Temu Responden Special Edition.

Sebagai rangkaian kegiatan, akan dilombakan terkait seni budaya islam, serta kontes aksi komedi mahasiswa di Lampung yang dibalut dalam acara “Wat-Wat Gawoh”. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh “Lomba Cerdas Cermat” Kebanksentralan dan Ekonomi/Perbankan Syariah untuk SMA/sederajat di kota Bandar Lampung dan sekitarnya sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Kegiatan FLASH ditutup dengan menghadirkan artis Zaskia Sungkar yang akan melakukan sharing bisnis online produk syariah yang ditekuninya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Arief Hartawan melalui kegiatan ini mengharapkan terjadinya kesamaan pemahaman baik dari regulator, masyarakat maupun pelaku usaha.

“Bahwa ekonomi syariah merupakan bagian penting dalam tatanan perekonomian nasional. Masyarakat juga semakin mengenal berbagai produk dan jasa halal, serta manfaatnya,” terang Arief Hartawan melalui siaran tertulis yang diterima Radio Suara Wajar, Selasa 08 November 2016.

Menurut Arief Hartawan, dari sisi Bank Indonesia, diharapkan adanya masukan dari masyarakat bagaimana mengembangkan ekonomi syariah secara efektif dan optimal, dan yang lebih penting lagi adalah menguatnya semangat bersama untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Lampung,” pungkasnya.***

Repoter : Robert

217 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *