Porseni Lintas Agama Panutan

RADIO SUARA WAJAR – Dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda 2016, Orang Muda Katolik (OMK) Stasi Panutan, Paroki St. Yusuf Pringsewu, Lampung,  bekerjasama dengan Remaja Islam Masjid, Prada Hindu, Pemuda Kristen dan Budha, mengadakan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Lintas Agama. Kegiatan ini untuk mengawali kerjasama, menumbuhkan dan mempererat rasa persaudaraan dan persatuan. Porseni ini dilaksanakan pada Minggu (23/10/16).

Acara ini dipusatkan di kompleks Gereja Stasi Santa Maria Diangkat ke Surga. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Orang Muda yang Berbudaya, Wujud Kualitas Anak Bangsa.”

Kegiatan ini diawali dengan lomba futsal, Minggu (23/10) yang diikuti sebanyak 15 tim. Perlombaan tersebut dibuka bersama-sama oleh perwakilan peserta dari lintas agama, seperti Islam, Hindu, Kristen, Katolik dan Budha.

Adapun lomba yang disajikan antara lain futsal, seni tari budaya Lampung, dan festival band yang melantunkan lagu khas daerah Bumi Ruwa Jurai dan lagu Nasional.

Ketua Panitia Porseni Lintas Agama, Aloysius Hendra (25), mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bersama. Kegiatan ini untuk meningkatkan persaudaraan dan persatuan. Ia berharap kegiatan ini sebagai modal awal untuk kegiatan-kegiatan berikutnya.

Salah satu peserta dalam perlombaan ini, Galeh (22) dengan antusia mengatakan bahwa walaupu hujan mengguyur dari pagi hari, tapi tidak melunturkan semangat tim untuk bertanding dan masyarakat untuk menonton perlombaan ini. Ia merasa hal itu merupakan bukti dukungan dari banyak orang, bahwa perbedaan tidak menjadi penghalang.

Rangkaian kegiatan Porseni akan diakhiri pada 29 Oktober 2016 dengan rangkaian acara Pentas Seni, Doa Lintas Agama dan  Kultum (kuliah tujuh menit). Narasumber untuk Kultum yang dihadirkan berasal tokoh agama, kepolisian dan TNI. Kultum berkaitan dengan bahaya narkoba, disiplin lalu lintas, patriotisme dan bela negara, serta kurukunan antar umat beragama. [kLik.tww]

Kontributor Lapangang: Winus Gondrong

 

217 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *