Gubernur Lampung Kukuhkan DPW PERHIPTANI Lampung

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo.
Gubernur Lampung M Ridho Ficardo.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR – Untuk penguatan sektor pertanian, salah satu upaya yaitu dengan mengembangkan sumberdaya petani. Oleh karena itu, dengan menggandeng Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) dan Pemerintah Provinsi Lampung menggagas program pemberian beasiswa di Politeknik Negeri Lampung (POLINELA). Beasiswa ditujukan bagi putra-putri petani dan penyuluh pertanian yang kurang mampu.

Hal itu disampaikan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, Rabu 12 Oktober 2016 saat menghadiri Pengukuhan DPW PERHIPTANI Lampung, di halaman Kampus POLITEKNIK Negeri (POLINELA).

Gubernur Lampung mengatakan, tantangan perekonomian di era globalisasi yaitu bagaimana penduduk Indonesia sejahtera. Apalagi jumlah penduduk Indonesia sangat besar dan tersebar dari Sabang sampai Merauke. Sehingga arah perekonomian Indonesia dibangun untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyatnya.

“Tugas kita semua untuk mensejahterakan petani, melalui peningkatan SDM petani. Dengan melakukannya maka selain hasil pertanian meningkat juga menjaga keberadaan Lahan. Seluruh petani/masyarakat akan sadar untuk memperluas lahan. Putra-putri petani juga yakin dengan bertani kehidupan lebih terjamin. Jangan sampai anak petani, justru kapok bosan bertani,” kata Ridho Ficardo.

Lebih lanjut diungkapkan, diperlukan tenaga madya terampil di pedesaan dalam bidang pertanian, peternakan, perkebunan dan teknologi pengolahan hasil pertanian. Hal ini penting dan strategis, mengingat tenaga kerja muda di pedesaan banyak yang mulai meninggalkan pertanian dan memilih bekerja sebagai tenaga kerja di berbagai Industri di luar Lampung.

Sementara itu, Direktur Polinela Joko S.S. Hartono menyampaikan, Polinela sangat berterimakasih atas dukungan suport dari Gubernur Lampung. Antara lain berupa beasiswa bagi putra-putri petani Lampung sejak tahun 2008 hingga saat ini.

“Bantuan beasiswa adalah bentuk komitmen Gubernur Muda se Indonesia terhadap pembangunan SDM anak bangsa,” pungkas Joko S.S. Hartono.

Pada tempat yang sama Ketua DPP PERHIPTANI Isran Noor mengatakan Lampung lebih mampu berperan dalam bidang produktivitas pertanian, perkebunan. Provinsi Lampung penyokong utama ketersedian pangan Nasional.

“Hanya di Lampung yang produksi pertaniannya melimpah dan beragam. Mulai dari padi, jagung, kedelai, singkong, kopi, lada. Bahkan sebagai penghasil gula dan penyuplai daging. Untuk itu Lampung sangat mempedulikan nasib petani dan menghargai jasa para penyuluh. Atas peran penyuluh pertanian Lampung, sehingga program swasembada pangan bisa terwujud. Lampung satu-satu nya provinsi di Tanah air, yang mempersiapkan SDM pertanian dengan baik,” ujar Ketua.

Kabag Humas Heriyansyah menginformasikan berdasarkan Keputusan Dewan Pengurus Pusat Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia Nomor : 44/SK/DPP-PERHIPTANI/2016 Sebagai Ketua Umum PERHIPTANI Lampung yaitu Sutono.***

Reporter : Robert

142 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *