Wakil Gubernur Lampung hadiri rakor tindak pidana korupsi yang diprakarsai Polda

Wakil Gubernur Bachtiar Basri pada Rapat Koordinasi Tindak Pidana Korupsi Tahun 2016.
Wakil Gubernur Bachtiar Basri pada Rapat Koordinasi Tindak Pidana Korupsi Tahun 2016.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Wakil Gubernur Bachtiar Basri Selasa 04 Oktober 2016 menghadiri Rapat Koordinasi Tindak Pidana Korupsi Tahun 2016 yang diprakarsai oleh Kepolisian Daerah Lampung. Acara berlangsung di Balai Keratun Komplek Kantor Gubernur Lampung.

Wagub Bachtiar Basri dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dalam melaksanakan kegiatan, pemerintahan dan pembangunan ditemukan keraguan dari para penyelenggara negara yang dapat menghambat laju pembangunan nasional dan daerah.

“Sehingga perlu adanya kesamaan persepsi dalam keseluruhan kegiatan pengelolaan keuangan negara sesuai dengan kedudukan dan kewenangan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pertanggung jawaban,” kata Wagub.

Atas dasar hal tersebutlah lanjut Wagub Bachtiar, digagas pernyataan bersama ini, dalam rangka penegakan hukum yang efektif, efisien dan tepat sasaran.

“Maksud dan tujuan dari diselenggarakannya kerjasama ini adalah dalam upaya memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai korupsi,” harap mantan Bupati Tulang Bawang Barat ini.

Pada kesempatan yang sama Kapolda Lampung Brigjen (Pol) Ike Edwin dalam sambutannya juga menjelaskan kemajuan suatu negara ditentukan dari pembangunannya.

“Ironisnya negara Indonesia ini di kawasan Asia bukan negara dalam kategori yang maju, dari jumlah SDM yang masih kurang bukan hanya kekurangan intelektualnya tapi terjadi juga kerapuhan moral, rapuhnya moral bisa menyebabkan korupsi untuk memperkaya diri sendiri,” pugngkasnya.

Ike Edwin juga membeberkan walau hukum telah dijatuhkan, tetapi tidak memberikan efek jera. Pihaknya sendiri pada 2016 telah menangani 38 kasus Tipikor dengan nilai kerugian sebesar 3,5 milyar rupiah.

“Jika kita melihat kondisi tersebut, maka kiranya kita dapat memberikan sosialisasi bagi aparatur negara, menjalin hubungan harmonis dan saling mendukung dalam instansi terkait, serta meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas dengan menjauhkan sifat egois dan menindak tegas para koruptor tanpa pandang bulu agar yang lain tidak meniru”, tutup Brigjen (Pol) Ike Edwin.

Diterangkan Kabag Humas Pemprov Lampung Heriyansyah, hadir dalam acara ini Dirtipikor Bareskrim Polri, Brigjen (Pol) Ahmad Wiyagus, Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung Syafrudin, Kepala BPK Perwakilan Lampung Sunarto, serta Bupati/Walikota, Kapolres, Kejari dan unsur Forkopimda Provinsi Lampung.***

Reporter : Robert

172 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *