Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Satria Alam Buka Unit Pelayanan Sosial Keliling

Kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) beberapa hari yang lalu di Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandang, Pesawaran.

Kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) beberapa hari yang lalu di Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandang, Pesawaran.

PESAWARAN, RADIO SUARA WAJAR — Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) adalah salah satu sarana pelayanan dan rehabilitasi sosial yang berfungsi memberikan layanan konsultasi, pemeriksaan kesehatan, rujukan bagi penyandang cacat atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya.

Kegiatan UPSK ini sangatlah penting dilaksanakan karena untuk mengetahui kondisi dan data penyandang cacat secsra akurat.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Satria Alam pada acara Pembukaan UPSK beberapa hari yang lalu di Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandang, Pesawaran.

Selanjutnya Satria mengatakan UPSK dilakukan oleh tim terpadu yang terdiri dari para ahli dan praktisi pada bidangnya seperti psikolog , pekerja sosial, dokter, perawat dan pekerja sosial masyarakat dan konsultan kecacatan .

Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah Pelatihan Keterampilan melalui Loka Bina Karya (LBK) bagi penyandang disabilitas yang memenuhi persyaratan.

Pada kesempatan itu, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo melalui Satria Alam secara simbolis menyerahkan bantuan alat bantu bagi penyandang disabilitas yang merupakan rangkaian kegiatan UPSK ini, dalam bentuk kursi roda, tongkat ketiak dan hearing aid.

Sementara itu Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Lampung Ratna Fitriani dalam laporannya mengatakan bahwa dengan UPSK diharapkan mampu meningkatkan dan memperluas jangkauan kesejahteraan sosial penyandang disabilitas secara lebih adil dan merata.

“Melalui kegiatan penyebaran informasi, deteksi dini, konsultasi maupun rujukan dengan melibatkan interdisipliner dan lintas sektoral,” katanya.

Disamping itu menurut Ratna Fitrian, diharapkan dapat mendorong dan merangsang semua unsur masyarakat agar aktif dalam penanganan penyandang disabilitas.

“Dengan sasaran semua penyandang disabilitas yang mempunyai permasalahan sosial,” pungkasnya.***

Reporter : Robert

239 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *