Perekaman e-KTP di Lampung telah mencapai 85 persen

Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono bersama jajaran terkait saat menggelar video conference dengan Kemendagri di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Lampung, Kamis 29 September 2016.
Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono bersama jajaran terkait saat menggelar video conference dengan Kemendagri di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Lampung, Kamis 29 September 2016.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Pemerintah Provinsi Lampung menggelar video conference dengan Kementerian Dalam Negeri dalam rangka pembahasan e-KTP dan Organisasi Dinas Dukcapil. Acara berlangsung di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Lampung, Kamis 29 September 2016.

Dalam laporannya Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono mengatakan bahwa Lampung merupakan salah satu provinsi dengan jumlah penduduk yang besar yakni sekitar 9,5 juta jiwa. Namun demikian pihaknya terus berupaya kuat agar pelaksanaan e-KTP di Provinsi Lampung dapat segera terselesaikan.

Menurut Sutono saat ini sudah tercatat hampir 7,5 juta jiwa penduduk Lampung yang telah memiliki e-KTP atau sekitar 85% dari jumlah penduduk yang ada. Pihaknya menargetkan akhir tahun 2016 ini pelaksaan e-KTP di Provinsi Lampung mencapai 100%.

“Sejauh ini pelaksanaan e-KTP di Provinsi Lampung berjalan lancar yakni rata-rata memakan waktu sekitar 12 menit dalam proses pembuatannya, kami menargetkan akhir tahun 2016 ini seluruh masyarakat Lampung telah memiliki e-KTP,” jelasnya.

Sedangkan terkait Organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sutono melaporkan bahwa baik di tingkat provinsi maupun di kabupaten/kota se-Provinsi Lampung nama yang digunakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah sesuai dengan arahan dari pusat.

“Yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota. Hanya saja pihaknya menambahkan bahwa dalam legalitasnya masih menunggu pengesahan dari pihak DPRD Provinsi Lampung,” jelasnya.

Sementara Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam penerapan e-KTP di Lampung.

Meskipun demikian pihaknya juga berjanji akan melakukan pertemuan khusus terkait legalitas kependudukan bagi masyarakat di daerah perhutanan yang ada di Provinsi Lampung.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah, dalam memaparkan laporan melalui video conference dengan Kemendagri ini, Pj. Sekda Provinsi Lampung Sutono turut didampingi oleh Kadis Kominfo Sumarju Saeni, Kepala Biro Tata Pemerintahan Umum Intizam dan Kepala Biro Organisasi Aris Padilah.***

Reporter : Robert

173 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *