Pemerintah Provinsi Lampung mulai tahun 2017 wajibkan hotel-hotel sajikan makanan lokal

Seruit, salah satu makanan khas Lampung. Foto : http://pariwisatalampung.com
Seruit, salah satu makanan khas Lampung. Foto : http://pariwisatalampung.com

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk menjadikan makanan lokal menjadi menu wajib di berbagai hotel dan acara-acara resmi mulai tahun 2017.

Demikian disampaikan oleh Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono dalam rapat persiapan Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) dan Lomba Cipta Menu Pangan Lokal Provinsi Lampung di Ruang Rapat Asisten, Rabu 28 September 2016.

Dalam arahan Pj. Sekda Sutono mengatakan, bahwa dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia Tahun 2016, Pemerintah Provinsi Lampung akan mengelar berbagai acara guna menciptakan Menu Pangan Lokal yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

“Dimana hasil lomba tersebut nantinya akan dijadikan menu andalan Lampung yang harus tersedia di hotel dan tempat-tempat pariwisata yang ada di Provinsi Lampung,” jelas Sutono.

Menurutnya, Provinsi Lampung memiliki berbagai hasil pangan lokal yang sangat beragam dan dapat diolah menjadi menu makanan yang bergizi seimbang, sehat dan dapat dikonsumsi secara berkala oleh masyarakat baik di provinsi ini maupun dari luar.

“Mulai Tahun 2017 hotel-hotel tertentu serta tempat-tempat pariwisata harus mulai menyediakan menu pangan lokal yang asli dari daerah Lampung sebagai salah satu menu andalannya, hal ini sebagai bentuk pelestarian dan promosi menu pangan lokal Lampung. Tidak terkecuali juga dalam acara dan rapat di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung,” ujarnya.

Lebih lanjut Sutono menjelaskan pihaknya benar-benar berkomitmen untuk mengembangkan dan mempromosikan pangan lokal Lampung sebagai salah satu alternatif makanan bagi para wisatawan lokal dan mancanegara. Bahkan pihaknya berencana akan membuat website kuliner Lampung yang khusus memberikan informasi tentang tempat-tempat yang menyajikan makanan khas Lampung.

“Jadi nanti setiap wisatawan maupun masyarakat dapat langsung mendapatkan informasi terkait kuliner khas Lampung yang disuguhkan hotel-hotel di Lampung maupun di rumah makan yang ada di Lampung,” jelasnya.

Sementara Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Kusnadri menjelaskan, dalam Peringatan Hari Pangan Sedunia Tahun 2016 yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober mendatang, pihaknya akan menyelenggarakan berbagai lomba dan bazar yang akan digelar di halaman Kantor Gubernur Lampung.

Adapun Lomba yang akan digelar yakni Lomba B2SA yang akan diikuti oleh anggota PKK se-Provinsi Lampung, lomba kudapan kreasi yang akan diikuti oleh peserta umum dan seluruh Satker di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. Selain itu menurunya, ada lomba bazar yang akan diikuti oleh peserta umum, Badan Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota serta seluruh Satker di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

“Adapun menu yang akan dilombakan adalah yang menggunakan bahan dasar singkong dan diharapkan berbagai kreasi menu yang dihasilkan dalam lomba ini dapat menjadi menu andalan dan salah satu daya tarik kuliner Lampung,” jelasnya.

Diinformasikan Kabag Humas Heriyansyah, dalam acara rapat ini turut hadir Badan Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, pihak perhotelan, instansi terkait serta SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.***

Reporter : Robert

206 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *