Satya Lencana Romo Van Lith SJ 

RADIO SUARA WAJAR – Presiden Joko Widodo memberi penghargaan Satya Lencana Kebudayaan kepada mendiang Pastor Franciscus Georgius Josephus Van Lith SJ atau Romo Van Lith, pada Jumat, 23 September 2016.

Penghargaan ini diberikan atas jasa-jasa Romo Van Lith dalam memajukan pendidikan bagi anak-anak pribumi di Indonesia, khususnya di Tanah Jawa pada zaman penjajahan.

Sebagaimana diketahui, Romo Van Lith disebut sebagai sosok yang memiliki peranan besar dalam pembentukan bangsa Indonesia modern, khususnya dalam hal pendidikan.

Ia berhasil menanamkan jiwa nasionalisme kepada para muridnya, yang kemudian menjadi cikal bakal perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, ia mendidik muridnya dengan menekankan kesetaraan, bahwa bangsa pribumi itu sejajar kedudukannya dengan warga Belanda.

Salah satu buah karya Romo Van Lith adalah mendirikan sekolah Kolese Xaverius tahun 1898 di Muntilan, Jawa Tengah. Sekolah itu tetap eksis dan berkembang hingga saat ini, bahkan menjadi sekolah menengah atas yang favorit dengan nama SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan Magelang. (katoliknews)

 

271 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *