BI: Perlu extra effort wujudkan Lampung Utara sebagai lumbung pangan

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung Arief Hartawan. Foto : Robert
Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung Arief Hartawan. Foto : Robert

LAMPUNG UTARA, RADIO SUARA WAJAR — Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menyatakan untuk tercapainya lumbung pangan di Kabupaten Lampung Utara diperlukan sejumlah persyaratan yang menjadi tangtangan tersendiri.

“Misalnya bagaimana dengan dukungan infrastruktur pengairan yang ada saat ini. Apakah terpelihara dengan baik dan dapat mengaliri area pertanian?,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung Arief Hartawan, di Kotabumi, Lampung Utara Kamis 22 September 2016.

Arif Hartawan juga mengatakan ketersedian pasar induk yang memadai untuk transaksi secara efisien seharusnya dapat dimaksimalkan, bukan hanya selam ini menggunakan lokasi Simpang Propau yang bukan peruntukannya sebagai pooling and transaction komoditi pangan.

“Belum lagi apakah telah tersedia fasilitas resi gudang yang memadai,” kata Arif Hartawan.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung menyarankan perlunya penekanan dari dinas terkait untuk memberikan kecukupan tenaga penyuluhan dan penyampaian informasi yang akurat mengenai musim dan iklim secara memadai.

“Ini menjadi dasar bagi para petani dalam mengatur pola tanam untuk memastikan produksi pangan dengan hasil yang baik dan optimal, terkendalinya penyebaran OPT dan hama tanaman, serta terhindarnya over supply tersebut dapat menyebabkan jatuhnya harga saat panen raya,” pungkasnya.***

Reporter : Robert

287 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *