Lampung raih penghargaan di Indonesia’s Attractiveness 2016

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo saat menerima penghargaan Indonesia's Attractiveness Award di Ballroom 2 Hotel Mulia Senayan Jalan Asia Afrika Jakarta Pusat, Kamis 22 September 2016.
Gubernur Lampung M Ridho Ficardo saat menerima penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award di Ballroom 2 Hotel Mulia Senayan Jalan Asia Afrika Jakarta Pusat, Kamis 22 September 2016.

JAKARTA, RADIO SUARA WAJAR — Provinsi Lampung Kamis malam 22 September 2016 menerima Penghargaan Kategori Provinsi Terbaik dalam ajang Indonesia’s Attractiveness Award Tahun 2016.

Penghargaan ini diberikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo menerima langsung pengharagaan ini. Acara berlangsung di Ballroom 2 Hotel Mulia Senayan Jalan Asia Afrika Jakarta Pusat.

Karo Humas dan Protokol Bayana yang juga turut hadir dalam acara menjelaskan pengukuran Indonesia’s Attractiveness Award Tahun 2016 ini menggunakan empat dimensi yakni investasi, pelayanan public, infrastruktur dan pariwisata.

“Seluruh dimensi penilaian dilakukan berdasarkan data sekunder dan data primer, kecuali pelayanan publik yang dinilai bedasarkan data primer,” kata Bayana.

Sedangkan menurut Bayana, data sekunder untuk dimensi investasi, infrastruktur dan pariwisata berasal dari berbagai instansi seperti BKPM, BPS, Bank Indonesia dan kementrian-kementrian.

“Sedangkan untuk pengumpulan data primer dilakukan dengan cara mystery calling terhadap 12 institusi di masing-masing daerah,” katanya.

Sementara itu, Menteri Kominfo Rudiantara sangat mengapresiasi dan menyambut baik digelarnya Indonesia’s Attractiveness Award 2016 yang diselenggarakan Tempo Media Group bekerjasama dengan Frontier Consulting Group ini. Sebab, kegiatan ini menurutnya mendukung program pemerintah dalam upaya mendorong peningkatan investasi.

“Apalagi pemberian penghargaan Attractiveness Award 2016 ini mengunakan empat dimensi yaitu investasi, infrastruktur, pelayanan publik dan pariwisata. Kita harapkan event ini mampu mendorong untuk berkompetisi dengan era global saat ini,” ujarnya.

Selanjutnya, Rudiantara menambahkan pemenang Indonesia’s Attractiveness Award 2016 ini karena APBD-nya memiliki ruang fiscal yang cukup baik sehingga pemerintah daerahnya dapat menarik investor untuk berivestasi.

“Di samping itu juga tidak terlepas dari sosok kepala daerahnya yang memiliki jiwa leadeship,” ungkapnya.

Sebagai informasi, selain kategori provinsi penghargaan ini diberikan juga kepada kabupaten/kota yang memiliki kontribusi PDRB terhadap PDRB provinsi di atas 25% serta beberapa indikator penilaian lainnya. Sedangkan jumlahnya terdiri 99 kabupaten dan 33 kota yang lolos nominasi, sedangkan untuk kategori Provinsi terdapat 32 Provinsi yang masuk ke dalam nominasi.

Dalam tanggapannya sesaat setelah penyerahan Gubernur Lampung mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan buah dari kerjasama dan sinergitas antar segenap komponen baik di tingkat pemerintah kabupaten/kota maupun pada tingkatan pemerintah Provinsi Lampung.

“Namun yang lebih utama, dengan diterimanya penghargaan ini jangan menjadikan diri kita cepat puas dengan apa yang sudah diraih, justru sebaliknya dengan diterimanya penghargaan ini kiranya dapat memacu dalam mengejar keterbatasan dan kekurangan daerah kita sehingga muaranya nanti tercipta masyarakat yang makmur sejahtera,” pungkas M Ridho Ficardo.***

Reporter : Robert

181 Total Views 6 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *