Diskominfo Provinsi Lampung sambut baik program Sejuta Domain Gratis

Kadis Kominfo Lampung Sumarju Saeni mendampingi Kasubdit Layanan Aplikasi, Nizan di ruang rapat Diskominfo Rabu 14 September 2016.
Kadis Kominfo Lampung Sumarju Saeni mendampingi Kasubdit Layanan Aplikasi, Nizan di ruang rapat Diskominfo Rabu 14 September 2016.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Lampung menyambut baik “Program Sejuta Domain Gratis” yang diluncurkan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Lampung, Drs. Sumarju Saeni, M.Sc., menyambut serius program ini dan mengajak seluruh pihak dan media untuk membantu menyebarluaskan program Satu Juta Domain.

“Program ini juga membutuhkan keahlian dari berbagai macam sektor seperti telemarketing dan manajemen informatika. Untuk itu sangat diperlukan peran aktif dari semua pihak,” jelasnya.

Hal itu diutarakan Sumarju Saeni saat menerima kunjungan Derektorat E-Bisnis Kementerian Kominfo, Rabu 14 September 2016 di ruang rapat Diskominfo. Rombongan dipimpin Kasubdit Layanan Aplikasi, Nizan.

Menurut Nizan, program sejuta domain dimaksudkan untuk membantu perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam memasarkan produk produknya Pemerintah Pusat melalui Kemenkominfo.

“Disamping itu juga merupakan perwujudan Nawacita ke-7 yakni mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor sektor strategis ekonomi domestik.

Selain UKM, menurut Nizan, sasaran program juga sekolah/pondok pesantren, komunitas dan desa sebagai penerima domain gratis.

“Dengan ada domain gratis tersebut yaitu co.id, biz.id, web.id, sch.id, ponpes.id, or.id,.id, dan desa.id yang menggunakan server di dalam negeri diharapkan mendorong optimalisasi akses internet dalam negeri dan mempercepat akses konten lokal,” katanya.

Dijelaskan Nizan, dalam jangka panjang, program ini akan membuat akses internet menjadi lebih murah karena semakin dominannya akses internet dalam negeri yang tidak membutuhkan bandwidth internasional yang mahal.

“Dalam pelaksanaannya program merupakan salah satu program unggulan Kemenkominfo untuk meningkatkan konten-konten positif dan produktif di internet,” jelas Nizan.

Masih menurut Nizam dengan menggunakan domain .id yang penggunanya terdaftar dengan identitas yang jelas, program ini akan   menekan tingkat anonimitas di internet.

“Seiring dengan tumbuhnya konten-konten positif dari Indonesia,   industri e-commerce dan digital kreatif diharapkan tumbuh dengan semakin pesat. Untuk keterangan lebih lengkap bisa dilihat di website 1juta.id,” pungkasnya.

Nizam mengharapkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk menyebarluaskan program ini ke masyarakat.***

Reporter : Robert

159 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *