Provinsi Lampung berkomitmen mempercepat sistem pelayanan publik

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo bersama Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB Diah Natalisa di ruang kerjanya, Selasa 13 September 2016.
Gubernur Lampung M Ridho Ficardo bersama Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB Diah Natalisa di ruang kerjanya, Selasa 13 September 2016.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Gubernur Lampung M Ridho Ficardo berkomitmen untuk mempercepat sistem pelayanan publik dalam rangka mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi di Provinsi Lampung.

Demikian disampaikan ketika menerima kunjungan kerja Tim dari Kemenpan RB di Ruang Kerja Gubernur Lampung, Selasa 13 September 2016.

Dalam kunjungan kerjanya, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Diah Natalisa menjelaskan bahwa saat ini pelayanan publik menjadi makin baik, hal ini sejalan dengan program nawacita yang digaungkan Presiden Joko Widodo.

Diah pun menilai pelayanan publik di Provinsi Lampung cukup baik bahkan mendapatkan penghargaan inovasi pelayanan publik dari Kemenpan RB pada Maret 2016 lalu.

“Provinsi Lampung masuk dalam 12 besar kategori provinsi yang malakukan inovasi pelayanan publik melalui rumah sakit keliling,” katanya.

Untuk itu pihaknya berharap provinsi ini dapat terus melakukan perbaikan dan inovasi di bidang pelayanan publik serta dapat mereplika sistem pelayanan publik di daerah lain untuk diterapkan di Provinsi Lampung.

“Untuk itu kami berharap komitmen kepala daerah dan seluruh stakeholder terkait untuk dapat membantu proses percepatan inovasi pelayanan publik khususnya di Provinsi Lampung,” jelasnya.

Selain itu, Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Rini Widyantini mengingatkan dalam mengembangkan inovasi agar budaya setempat juga diperhatikan, selain infrastruktur dan SDM nya. Sehingga dapat lebih disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat di sekitar.

“Kami terus memantau inovasi pelayanan publik di seluruh daerah untuk melihat program daerahnya dan sistem yang cocok untuk diterapkan sehingga diharapkan akan terwujud sistem pelayanan publik yang berstandar nasional,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur M Ridho Ficardo menyampaikan komitmennya untuk terus melakukan inovasi pelayanan publik maupun mereplikasi inovasi dalam rangka percepatan reformasi birokrasi di Provinsi Lampung.

Bahkan ia mengatakan pihaknya telah melakukan study banding ke daerah-daerah yang sukses melakukan inovasi di berbagai bidang pelayanan publik agar dapat mewujudkan pelayanan sesuai yang diharapkan oleh masyarakat Lampung.

Kedepan pihaknya berharap Lampung dapat menjadi provinsi percontohan dalam bidang pelayanan publik yang ditetapkan oleh Kemenpan RB.

“Kami akan terus melakukan inovasi dalam bidang pelayanan publik dan berharap dapat ditetapkan menjadi daerah percontohan pelayanan publik oleh Kemenpan RB,” tuturnya.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah, sebelum melakukan kunjungan ke Kantor Gubernur, Tim Kemenpan RB melakukan kunjungan kerja ke Mapolda Lampung dalam acara launching call center “Tanggap Darurat 1 Menit”.***

Reporter : Robert

181 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *