Smart City Nusantara, Solusi Pemda tingkatkan pelayanan masyarakat

Workhshop Smart City Nusantara (SCN) Witel Lampung di Bandar Lampung Kamis 08 September 2016.
Workhshop Smart City Nusantara (SCN) Witel Lampung di Bandar Lampung Kamis 08 September 2016.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya memberikan pelayanan cepat, mudah, efektif, evisien serta modern kepada masyarakat di semua tingkatan. Untuk itu perlu ada komitmen dari seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi untuk berinovasi dalam mengeluarkan kebijakan. Sehingga semua program pembangunan dapat diakses oleh siapapun tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Demikian disampaikan Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Fahrizal Darminto mewakili Gubernur Lampung, Kamis 8 September 2016 pada Workhshop Smart City Nusantara (SCN) Witel Lampung. Kegiatan ini dengan tema “Membantu Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Yang Efektif, Modern, Instan dan Berkualitas”.

Menurut Fahrizal Darminto, SCN merupakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan dan pengelolaan sebuah kota atau daerah dengan tujuan meningkatkan kemampuan kerja dan kinerja pemerintah.

Penerapan SCN dikatakan Fahrizal, diharapkan dapat membantu percepatan kemajuan daerah serta terciptanya pembangunan provinsi/ kota/kabupaten yang berkelanjutan dari sisi ekonomi, sosial, dan lingkungan.

“Alhamdulillah, untuk saat ini sudah tersedia teknologi aplikasi online yang bisa mendukung proses tata kelola pemerintah daerah sehingga penyelenggaraan pelayanan publik akan tercipta lebih baik,” ujar Fahrizal.

Menurut Fahrizal, Provinsi Lampung untuk saat ini juga melangkah secara bertahap untuk menyelenggarakan pelayanan publik modern yang lebih cepat, instan, dan efektif.

“Sehingga memberikan kemudahan dan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat,” terangnya.

Fahrizal berharap, kepada masing-masing Pemerintah Kabupaten/Kota dapat menyiapkan master plan tahap demi tahap dalam mengimplementasikan Program Smart City dan Smart Government.

“Untuk di Provinsi Lampung, saat ini baru Pemerintah Kota Bandar Lampung dan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat yang telah menggunakan dan mengimplementasikan program SCN lebih maju dibandingkan pemerintah daerah Iainnya di Provinsi Lampung. Untuk itu, saya mengapresiasi atas upaya dan terobosan yang telah dilakukan Pemerintah Kota Bandar Lampung dan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat,” terangnya.

Diinformasikan Kabag Humas Heriyansyah, acara dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumarju Saeni, Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad, General Manager PT. Telekomunikasi Indonesia cabang Lampung, dan lain-lain.***

Reporter : Robert

200 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *