Parenting PAUD Santa Theresia Wedi

RADIO SUARA WAJAR – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Santa Theresia Wedi, Kabupaten Klaten mengadakan kegiatan parenting yang digelar di GOR Desa Gadungan, Kecamatan Wedi, Sabtu 3 September 2016.

Parenting yang diikuti sekitar 150 orangtua ini mengusung tema “Pentingnya komunikasi dalam pengasuhan”. Bertindak sebagai narasumber parenting adalah Pengurus Himpunan Pendidik Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Provinsi Jawa Tengah Benyamin Agustinus.

Kepala PAUD Santa Theresia Wedi Suster Maria Margaretha AK menyampaikan, tujuan parenting ini agar terjalin kerjasama yang baik antara sekolah dan orangtua dalam mendampingi dan mengasuh anak-anak. Selain itu, juga untuk memberi bekal pengetahuan dan pemahaman kepada para orangtua bagaimana cara mendidik anak dengan baik dan benar.

Dalam pemaparannya, Benyamin Agustinus menjelaskan bahwa jangan sekali-kali membandingkan anak Anda dengan anak lain, karena itu akan membuat sang buah hati tidak merasa percaya diri. Membandingkan dengan anak lain dapat membuat anak merasa tidak memiliki kemampuan.

Orangtua juga, kata dia, jangan terbiasa membohongi anak. Sebab kebohongan itu meski menyelamatkan Anda sementara, tetapi akan menghancurkan Anda untuk selamanya.

Pantangan lainnya dalam mendidik anak adalah jangan membiasakan diri untuk memerintah, meremehkan, memberi julukan negatif, mengancam, menyindir, dan menyalahkanmanak.

Praktisi PAUD dari Kabupaten Wonosobo itu menyatakan, bila salah satu gaya berkomunikasi itu dilakukan, maka anak usia dini bisa menjadi tidak percaya pada perasaan sendiri dan tidak percaya diri. Karena itu, orangtua harus bisa membaca bahasa isyarat tubuh atau perilaku anak, dan mau mendengarkan ungkapan perasaan anak.

Benny menerangkan, perhatian yang kurang dari orang-orang yang dicintai akan berdampak besar pada anak. Anak akan suka menyerang, susah diberi pengertian, dan berteriak atau bicara lantang. (katoliknews)

 

283 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *