Tahbisan Imamat Xaverian

Mgr. Anicetus B. Sinaga OFMCap bersama imam baru Kongregasi Xaverian (SX) di Gereja St. Fransiskus Assisi Paroki Aek Nabara, Keuskupan Agung Medan.

RADIO SUARA WAJAR – Uskup Agung Keuskupan Medan, Mgr. Anicetus B. Sinaga OFMCap menahbisakan tiga diakon Kongregasi Imam-Bruder Xaverian (SX) menjadi imam pada Selasa, 30 Agustus 2016. Ekaristi tahbisan imamat tersebut dirayakan di Gereja Katolik St. Fransiskus Assisi Paroki Aek Nabara, Keuskupan Agung Medan. Ikut mendampingi upacara tahbisan ini adalah Uskup Emeritus Mgr. Pius Datubara OFMCap dan Provinsial Kongregasi Xaverian Provinsi Indonesia Romo Anton Wahyudianto SX.

Ketiga neomis (imam tahbisan baru) anggota Kongregasi Xaverian ini adalah Pastor Hotman Parhulutan Sitanggang. Ia menjadi pastor Xaverian pertama berdarah Batak dari Tapanuli dan merupakan imam ketiga dari Paroki Aek Nabara. Kedua neomis lainnya adalah Pastor Yustinus Hibur SX dan Pastor Ferdinandus Supandri SX dari Manggarai Barat, Flores, NTT.

Provinsial Kongregasi Xaverian Provinsi Indonesia Romo Anton Wahyudianto SX  mengatakan bahwa tahbisan imam Xaverian kali ini merupakan saat terindah penuh rahmat Tuhan  bagi seluruh umat katolik di Keuskupan Agung Medan. Namun, terlebih bagi umat katolik di Aek Nabara,  karena salah seorang Diakon yang ditahbiskan menjadi imam adalah Diakon Hotman Parluhutan Sitanggang SX, putera asli daerah Paroki Aek Nabara yang dirintis Serikat Xaverian sejak 40 tahun yang lalu.

Misa tahbisan imamat ketiga pastor baru Xaverian di Aek Nabara ini  berlangsung sangat meriah dan dihadiri oleh 44 pastor Serikat Xaverian dan kongregasi pastor lainnya yang berkarya di Keuskupan Agung Medan,  para biarawati dan umat Paroki Aek Nabara. (sesawinet)

 

457 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *