Presiden RI ke-3 BJ Habibie akan kunjungi Lampung

Presiden RI ke-3 Prof. Dr.-Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng. Foto : lancangkuning.com
Presiden RI ke-3 Prof. Dr.-Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng. Foto : lancangkuning.com

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Gubernur Lampung M Ridho Ficardo berkomitmen tingkatkan potensi unggulan Lampung berbasis teknologi. Hal tersebut terbukti dengan digelarnya rapat terkait rencana kunjungan kerja Presiden RI ke-3 Prof. Dr.-Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng ke Provinsi Lampung. Kunjungan ini sekaligus bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) pada 14 September 2016 mendatang.

Dalam arahan Pj. Sekdaprov Sutono ketika memimpin rapat menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Lampung sedang gencar-gencarnya membangun Provinsi Lampung dengan berbasis teknologi.

“Hal ini terbukti dengan berbagai program unggulan Provinsi Lampung, baik dari sektor pariwisata, ketahanan pangan, pertanian, industri serta sektor lainnya yang dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan dan kemajuan teknologi,” ujar Sutono di Ruang Rapat Utama Kantor Bappeda Provinsi Lampung, Selasa 30 Agustus 2016.

Untuk itu, Sutono mengaku pihaknya sangat menyambut baik rencana kedatangan BJ. Habibie pada September mendatang sebagai momentum untuk membangun dan memotivasi Provinsi Lampung dalam pembangunan kedepan dengan berbasis teknologi.

“Kami berharap dengan kunjungan ini akan lebih memotivasi dan membangun Lampung serta dapat menjadi wahana sharing dengan Pak Habibie terkait pembangunan berbasis teknologi di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Balitbangnovda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan menjelaskan bahwa terkait kunjungan BJ. Habibie mendatang ada dua agenda penting yang akan dilaksanakan.

“Yakni dalam rangka meresmikan gedung pusat informasi bisnis dan teknologi di BPPT serta memberikan kuliah umum kepada perwakilan mahasiswa dari berbagai Universitas di Lampung yang akan diselenggarakan di ITERA,” jelasnya.

Menurut Mulyadi Irsan, dalam acara nanti juga akan ada pameran dari berbagai akademisi, coorporate serta SKPD dalam hal inovasi di bidang teknologi inovasi serta meresmikan berbagai hasil produk-produk inovasi di Provinsi Lampung.

Lebih lanjut dia menegaskan pihaknya bekerjasama dengan berbagai lembaga penelitian serta akademisi di Provinsi Lampung akan memfokuskan topik pembahasan terhadap empat point penting.

“Diantaranya terkait ketahanan pangan, ketahanan energi baik energi baru dan energi terbarukan, ketahanan kesehatan dan obat-obatan, serta sumber daya maritim dan konektivitas di Lampung,” katanya.

Hal tersebut menurutnya tidak menutup kemungkinan untuk perubahan dan penambahan topik pembahasan sesuai dengan perkembangan kondisi di Provinsi Lampung.

“Kami akan terus berusaha melakukan koordinasi dalam rangka memaksimalkan rencana kunjungan kerja Pak Habibie ke Provinsi Lampung, tidak menutup kemungkinan ada masukan dan saran dari masyarakat luas di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Ditambahkan Karo Humas dan Protokol Bayana yang turut hadir dalam rapat tersebut bahwa sebelum rencana kunjungan tersebut, Gubernur M Ridho Ficardo sebelumnya akan berkunjung terlebih dahulu ke kediaman BJ.Habibie di Jakarta pada 8 September mendatang. Tujuan kunjungan ini guna menyampaikan berbagai proposal potensi unggulan di Provinsi Lampung.

“Pak Gubernur akan mempromosikan berbagai potensi unggulan di Provinsi Lampung terutama yang berbasis teknologi kepada Pak Habibie dan diharapkan akan mendapatkan berbagai masukan dan ide dari Pak Habibie terkait pembangunan Lampung berbasis teknologi,” terangnya.

Untuk diketahui, dalam rapat ini turut dihadiri oleh perwakilan akademisi dari Unila, ITERA, Teknokrat, Darmajaya, BPPT, LIPPI, LITBANG serta sejumlah Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.***

Reporter : Robert

186 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *