Foto-Foto Peristiwa Percobaan Bom Bunuh Diri Gereja Medan

RADIO SUARA WAJAR – Umat gereja Katolik Santo Yosep, Medan, Sumatera Utara mengagalkan upaya seorang lelaki yang berusaha menyerang pastor saat misa, yang diduga membawa peledak -ditemukan bendera ISIS digambar tangan. Pastor Albert Pandingan, 60 tahun, mengalami luka ringan di bagian tangan oleh tusukan pisau, dan segera mendapat perawatan.

160828054743_serangan_gereja_medan_3_549x549_kanisius_nocredit

Pastor Albert Pandingan mengalami luka ringan di tangannya akibat ditusuk senjata tajam oleh pelaku.

Penyerang adalah seorang pemuda umur 18 tahun, yang menyamar sebagai umat, duduk ikut misa sekitar pukul 08.00.

Seorang umat, Nana Manulang, 60, melihat pelaku membuka ranselnya yang dicurigainya sebagai bom.

Nana “melihat pula ada baterai dan pipa di dalam jaketnya. Kemudian pelaku berdiri dan dari dalam ransel keluar asap dan suara seperti petasan tapi tidak terlalu keras serta mengeluarkan kembang api. Kemudian pelaku mengejar pastur sambil membawa senjata tajam dan dipukulkan ke arah Pastur dan berlarian hingga pastur terluka di tangan sebelah kiri,” papar juru bicara Polda Sumut, Rina Ginting, dalam pesan teks kepada wartawan.

 

Ratusan umat panik saat percobaan bom bunuh diri dilakukan. Menurut seorang jamaat gereja, Hendri Tarigan, para jamaat sempat curiga dengan gerak-gerik pelaku bernama Ivan Armadi Hasugihan.

Berdasarkan identitas di Kartu Tanda Penduduk (KTP) pelaku yang ditemukan di lokasi ledakan, diketahui Ivan lahir di Medan pada 22 Oktober 1998 dan berdomisili di Jalan Setia Budi Gang Sehati Nomor 26.

Informasi yang dihimpun, sekitar pukul 08.50 WIB, Ivan membawa ransel masuk ke Gereja Katholik Santo Yosep Jalan Dokter Mansur, Medan, Sumatera Utara ini saat Pastor Albret S Pandingan sedang berkotbah.

Kemudian ranselnya mengeluarkan ledakan yang tidak terlalu besar, karena tidak semua bomnya meledak. Ivan lalu melepaskan ranselnya dan mengejar pastor dengan pisau terhunus, sempat melukai pastor. Namun jamaat gereja segera menangkap pelaku.

 

410 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *