Stok Daging Jelang Idul Adha Aman

20141003_093323_pedagang-dagingRADIO SUARA WAJAR – Kepala Dinas Pertanian, Perternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Bandarlampung Agustini menyatakan kebutuhan daging sapi dan kambing di daerah ini masih aman hingga Hari Raya Idul Adha 2016.

“Dari data yang tercatat dari Agustus 2016 jumlah sapi mencapai 386 ekor, sedangkan kambing 1.217 ekor,” kata dia di Bandarlampung, Kamis.

Dia mengatakan dengan demikian bisa diprediksikan untuk stok daging hingga Hari Raya Idul Adha terjamin, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

“Masyarakat tidak perlu khawatir untuk stok daging sapi dan kambing kami jamin aman,” kata dia.

Ia mengatakan perhitungan tersebut sudah termasuk perhitungan kenaikan kebutuhan sapi jelang Idul Adha yang diperkirakan mulai terjadi pada tujuh hari menjelang Hari Raya Idul Adha 2016. Angka tersebut berbeda dengan jumlah sapi dan kambing yang siap untuk dikurban yakni, sapi mencapai 1.510 ekor dan kambing 2.820 ekor.

Sedangkan untuk jaminan kesehatannya, akan dilakukan tes kesehatan tujuh hari jelang Hari Raya Idul Adha (H-7). Selain itu akan dilakukan sosialisasi cara pemotongan hewan yang baik dan benar. Ia mengatakan untuk pemeriksaan sapi dan kambing pihaknya membentuk tim dengan jumlah 40 orang dalam tim dibantu dokter hewan dan persatuan sarjana peternakan provinsi.

“Tim tersebut akan dibagi untuk mengecek dan sidak ke pedagang kambing dan sapi yang ada di Bandarlampung,” kata dia.

 

242 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *