KKP Minta Polisi Amankan Perairan Lampung

14364124848fe67-0f3c-4f75-a46e-525bdff98705780x390RADIO SUARA WAJAR – Pelaksana Tugas Direktur Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan M Zulficar Mochtar meminta kepolisian untuk lebih mengamankan perairan di Provinsi Lampung dari aksi perompakan.

“Koordinasi ini dilakukan agar tidak ada lagi nelayan yang mengeluh akibat ulah para perompak yang selalu mengganggu di perairan Lampung,” ujarnya, saat berkunjung ke Mapolda Lampung, Rabu.

Menurut dia, kedatangannya ke Polda Lampung juga menyikapi aksi ratusan nelayan yang mendatangi Kementerian Kelautan (KKP) terkait maraknya perompakan di perairan laut Lampung.

Pihaknya sangat berharap aparat kepolisian dapat berkoordinasi agar masalah tersebut dapat diatasi dan bisa memberikan keamanan bagi para nelayan. Mungkin, ia melanjutkan, perlu adanya hotline atau nomor yang bisa langsung dihubungi oleh masyarakat terkait adanya indikasi tindak kejahatan di laut lepas.

Diterangkan olehnya dari laporan para nelayan tersebut, bahwa telah terjadi 86 kali perompakan di perairan Lampung. Para perompak tersebut, merampas rajungan milik para nelayan dengan ancaman senjata api rakitan. Akibatnya, ia melanjutkan, dalam 86 kali perompakan itu kerugian yang diderita para nelayan itu sebesar Rp25 juta setiap terjadi perompakan tersebut.

Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin mengatakan, kaget dengan adanya pemberitaan mengenai maraknya perompakan di perairan Lampung.

Memastikan kabar tersebut, pihaknya langsung menerjunkan 22 kapal Polair untuk melakukan patroli. Kapal tersebut, ditempatkan di perbatasan perairan antara Lampung dengan provinsi lain. Menurutnya, dengan diterjunkan kapal-kapal Polair tersebut diharapkan ke depannya tidak terjadi lagi perompakan di perairan Lampung.

 

194 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *