20 Cara Untuk Membuat Jantung Anda Tetap Sehat

26891493632_17caf3a1d3_oRADIO SUARA WAJAR – Beberapa cara terbaik untuk menjaga jantung anda tetap sehat diantaranya berhenti merokok, melakukan pemeriksaan rutin pada dokter anda, mengurangi stres, makan lebih banyak serat, berolahraga secara teratur, minum cukup air putih, menambahkan ikan untuk diet anda, menghilangkan kolesterol, meningkatkan asupan antioksidan, dan masih banyak lagi.

Kesehatan jantung adalah salah satu topik yang paling dibicarakan di dunia medis, nutrisi, dan gaya hidup saat ini. Menimbang bahwa penyakit yang terkait kardiovaskular merupakan pembunuh terbesar di dunia setiap tahun, hal ini merupakan masalah serius dimana ribuan spesialis di seluruh dunia sedang mencoba untuk mengatasinya. Namun ternyata, beberapa cara terbaik untuk melindungi diri dari penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, stroke, penyakit jantung koroner, embolisms (penyumbatan pembuluh darah), dan risiko kesehatan serius lainnya tidak ada hubungannya dengan pergi ke dokter. Andalah yang memegang peranan dalam mengendalikan kesehatan jantung anda, karena unsur-unsur yang paling penting dalam menjaga kesehatan jantung adalah pilihan anda, yang anda putuskan setiap hari.

Hal-hal yang anda makan dan hal-hal yang anda lakukan berada dalam kendali anda. Dengan mengubah gaya hidup dan pola makan anda dengan cara tertentu, anda dapat secara signifikan meningkatkan kekuatan dan umur jantung anda.

Teknik-teknik kesehatan yang akan diuraikan di bawah ini akan bekerja dengan caranya masing-masing untuk meningkatkan kesehatan anda. Jika anda dapat menerapkan 20 cara ini dalam kehidupan sehari-hari, maka jantung anda akan bergembira dan kualitas hidup anda akan meningkat secara dramatis. Mari kita lihat lebih dekat beberapa cara terbaik untuk menjaga jantung anda tetap sehat.

20 Cara untuk Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat

1) Meningkatkan Asupan Antioksidan

Antioksidan adalah beberapa elemen yang paling penting dari kesehatan manusia, karena mereka melindungi tubuh anda dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit kardiovaskular. Penelitian telah menunjukkan risiko penyakit jantung berkurang sebanyak 20% ketika antioksidan menjadi bagian utama dari diet seseorang. Tingkatkan asupan buah, kacang-kacangan, biji-bijian, kakao, buah jeruk, dan sayuran berdaun hijau, yang semuanya tinggi akan antioksidan. Juga asupan daging sapi tanpa lemak dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

2) Berhenti Merokok

Rokok mengandung kombinasi bahan kimia yang berbahaya, dimana banyak yang telah terbukti negatif mempengaruhi kesehatan jantung anda. Merokok juga menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

3) Secara Teratur Mengunjungi Dokter Anda

Tidak ada yang menyukai untuk pergi ke dokter, karena biasanya berarti anda sakit atau khawatir tentang kesehatan anda. Namun, pemeriksaan rutin dengan dokter dapat memungkinkan anda untuk menemukan “bahaya” pada kesehatan anda, dan dokter menawarkan nasihat bermanfaat dan tertarget tentang cara menghilangkan atau menurunkan faktor-faktor risiko yang dapat berkontribusi pada penyakit jantung berdasarkan gaya hidup, genetika, dan faktor lainnya.

4) Menjaga Gaya Hidup Aktif

Meskipun olahraga sangat penting untuk kesehatan jantung, namun gaya hidup aktif juga tak boleh dianggap remeh. Gaya hidup yang cenderung pasif seperti banyak duduk, berkontribusi terhadap tekanan darah yang lebih tinggi, kebiasaan makan yang buruk, tingkat metabolisme dan kesehatan jantung yang lebih rendah. Ambil hobi seperti berkebun, pergi naik sepeda, atau menjadi relawan di sebuah pusat komunitas untuk tetap aktif di waktu luang anda tanpa pergi ke gym.

5) Mengurangi Stress

Stress benar-benar dapat menjadi pembunuh! Hal ini dapat meningkatkan tekanan dan kadar kolesterol darah anda, sekaligus menyebabkan anda untuk menangani stress dengan cara yang berbahaya, seperti peningkatan merokok, minum, atau makan makanan yang tidak sehat. Belajar tentang cara-cara sehat untuk mengalami stress dapat benar-benar meningkatkan kesehatan jantung anda.

6) Tertawa Dengan Keras dan Sering
– Tertawa adalah obat terbaik untuk sejumlah alasan, dan ketika dihubungkan dengan kesehatan jantung, tertawa benar-benar dapat meningkatkan aliran darah anda dan mencegah pengerasan arteri, yang merupakan faktor utama yang berkontribusi terhadap penyakit jantung.

7) Olahraga Teratur

Mungkin cara yang paling penting untuk menghindari masalah jantung adalah berolahraga secara teratur. Hal ini meningkatkan aliran darah, meningkatkan metabolisme, menurunkan kadar kolesterol, membantu menurunkan berat badan, dan mempertahankan gaya hidup aktif yang akan membuat jantung anda dalam kondisi yang sangat baik.

8) Mengikuti Jalur Karir yang Tepat

Meskipun ini tampaknya seperti topik yang tidak berhubungan, namun memilih karir yang tepat dan menjaga kebahagiaan secara konsisten dapat melakukan keajaiban bagi kesehatan jantung anda. Dengan memilih karir yang tepat akan membuat anda lebih aktif dan energik, sehingga meningkatkan pelepasan hormon yang bermanfaat dalam tubuh, yang pada akhirnya akan mengoptimalkan metabolisme dan menjaga jantung anda tetap sehat.

9) Melakukan Yoga

Yoga adalah cara yang indah untuk bersantai dan mengurangi stres, selain itu juga meningkatkan fleksibilitas tubuh anda, termasuk pembuluh darah dan arteri, yang dapat membantu mencegah terbentuknya plak dan aterosklerosis, dimana keduanya memberikan kontribusi untuk stroke dan serangan jantung.

10) Sering Bersosialisasi

Memelihara gaya hidup aktif bersosialisasi tidak hanya membuat anda keluar dari rumah dan bergerak di sekitar, namun interaksi sosial telah terbukti menurunkan tekanan darah dan meningkatkan pelepasan endorfin, yang membuat organ dan sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik.

11) Menghilangkan Kolesterol

Kolesterol jahat (kolesterol LDL) dapat menyumbat arteri anda, menyebabkan terbentuknya plak, meningkatkan tekanan darah, dan pada akhirnya merusak kesehatan jantung anda. Dengan menghapus kolesterol jahat dari diet anda, dan menggantinya dengan kolesterol yang bermanfaat (kolesterol HDL), anda dapat kembali menyeimbangkan asam lemak dalam tubuh anda untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

12) Cukup Tidur

Tidur adalah hal penting untuk kesehatan jantung karena memberikan tubuh anda kesempatan untuk beristirahat dan detoksifikasi. Selain itu, kurang tidur telah dihubungkan dengan terbentuknya kalsium di arteri, yang dapat menyebabkan serangan jantung. Stress yang meningkat, lekas marah, dan pilihan gaya hidup yang buruk juga akibat dari kebiasaan tidur yang tidak tepat.

13) Tambahkan Fiber untuk Diet Anda

Serat adalah salah satu elemen makanan yang paling penting untuk melindungi jantung anda. Serat mengikis dan menghilangkan kelebihan kolesterol “jahat”, melancarkan sistem pencernaan anda, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan bahkan dapat menurunkan kemungkinan terkena diabetes, yang merupakan salah satu kontributor dari penyakit jantung.

14) Berjemur

Mendapatkan cukup sinar matahari tidak hanya dapat membuat santai, namun juga memberikan tubuh anda dosis vitamin D yang tinggi, yang selain baik untuk kekuatan tulang anda, juga telah terbukti sebagai pencegahan yang serius bagi penyakit jantung, begitu menurut studi terbaru.

15) Mengurangi Konsumsi Alkohol

Ini adalah salah satu yang rumit, karena disatu sisi banyak ahli menyarankan segelas anggur setiap hari untuk mendapatkan antioksidan. Namun, minum minuman beralkohol berlebihan adalah hal yang tidak baik karena dapat meningkatkan tekanan darah anda, mengakibatkan obesitas, dan menggeser keseimbangan kolesterol anda dalam arah yang negatif.

16) Melatih Kesabaran

Kesabaran adalah suatu kebaikan yang juga bermanfaat untuk mengurangi stress. Kita begitu sering marah, cemas, atau frustrasi yang membahayakan tubuh kita secara signifikan. Ubah pola pikir anda dan tingkatkan kemungkinan untuk membuat jantung anda tetap sehat!

17) Menurunkan Berat Badan

Obesitas merupakan faktor utama untuk penyakit jantung, karena akan meningkatkan kolesterol jahat anda, meningkatkan tekanan darah, mengangkat kemungkinan anda terkena aterosklerosis, diabetes, dan sleep apnea (penyakit gangguan tidur). Menurunkan berat badan dapat menghilangkan faktor-faktor risiko yang dapat merusak jantung anda.

18) Memelihara Hewan

Penelitian telah menunjukkan hubungan hewan peliharaan dengan peningkatan kualitas hidup anda secara keseluruhan, stress yang lebih rendah, membuat anda lebih aktif, dan secara umum mengurangi risiko anda dari perkembangan penyakit jantung. Peliharalah anjing atau kucing, dan lihatlah apa yang dapat mereka lakukan pada mental dan kesehatan anda.

19) Turunkan Ketergantungan Anda pada Teknologi

Dalam dunia modern saat ini, kita terus-menerus tergantung pada smartphone, iPad, komputer, televisi, dan kemajuan teknologi lainnya. Banyak dari perangkat ini membuat kita menjadi semakin pasif (tidak banyak bergerak), yang tidak hanya memberikan kontribusi untuk penyakit jantung, namun juga meningkatkan hormon stress dalam tubuh dan meningkatkan tekanan darah. Ambil istirahat dari teknologi sesekali dan pergi keluar untuk menikmati dunia nyata.

20) Tetap Aktif Secara Seksual

Ini mungkin objek yang sensitif bagi sebagian orang, namun pada kenyataannya, tetap aktif secara seksual dengan pasangan anda akan melepaskan endorfin dan hormon lain yang sangat bermanfaat pada tubuh anda. Hubungan seksual seringkali dianggap sebagai olahraga, dan telah terbukti dalam berbagai penelitian untuk mengurangi stress, menurunkan tekanan darah, dan memberikan kontribusi untuk kesehatan jantung.

 

291 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *