Hal-Hal yang Harus Dikembangkan agar Mudah Dapat Pekerjaan

077600600_1465227826-Davide-Illini-Financial-Life-RADIO SUARA WAJAR – Bagi Anda para pencari kerja, tak dipungkiri tantangan menghadang seolah sangat tinggi. Selain persaingan masing-masing individual, kita seringkali tak paham kebutuhan perusahaan yang ingin dilamar.

Salah satu faktor yang membuat perusahaan merekrut biasanya dilihat dari kemampuan yang mereka miliki di tambah pengalaman. Jika Anda selama kuliah berkutat dengan skripsi, menghabiskan waktu senang-senang saat sekolah, atau masih berada di lingkungan sosial yang kurang membangun kepribadian, mulailah untuk mengembangkan ketrampilan yang Anda miliki.

Seperti dilansir dari Elitedaily.com pada Senin (6/6/2016), disini dibeberkan beberapa ketrampilan dan kemampuan yang perlu dikembangkan agar menjadi kandidat pekerja lebih baik.

1. Berpikir Kritis

Beberapa pengusaha masih ada yang mengeluhkan karyawannya yang tidak bisa berpikir kritis dalam bekerjaan. Hal ini berkaitan dalam pemilihan informasi dan pengambilan keputusan untuk menyelesaikan pekerjaan. Anda mungkin bisa melatih pola pikir ini sejak di bangku kuliah atau dari pemberitaan di media. Pola pikir kritis bukan soal pandai mendebat, tetapi lebih mengarah pada pikiran yang terbuka.

2. Kreativitas

Setelah melatih pola pikir kritis, ide-ide kreatif pun akan muncul. Kreativitas sangat dibutuhkan dalam bekerja untuk menyelesaikan tugas dan tantangan. Menemukan solusi tak hanya dari pola yang sudah menjadi tradisi, tetapi bisa ditemukan dengan sebuah kreativitas. Kreativitas membuat pola pikir Anda menjadi kaya.

3. Menulis

Percaya atau tidak, bahkan bidang-bidang pekerjaan, seperti teknik dan IT membutuhkan orang dengan keterampilan menulis. Ketika Anda sudah dapat menulis dengan baik subjek keahlian yang dimiliki, akurat, dan juga menarik, perusahaan akan melihatnya jadi sebuah kelebihan dan masuk dalam pertimbangan.

4. Presentasi

Masih ingat kah Anda cara membuat presentasi saat di perguruan tinggi atau sekolah? Jangan pernah meremehkan keterampilan tersebut karena di dunia kerja, presentasi merupakan kemampuan yang harus dikuasai. Sebelum melamar pekerjaan, latihlah kemampuan ini dengan lebih baik lagi sehingga perusahaan melihat Anda sebagai aset yang layak.

5. Keterampilan Manajemen

Keterampilan ini bukan hanya ditunjukkan untuk para pemimpin, tetapi juga pada karyawan. Salah satu cara untuk melatihnya dengan membuat jadwal dan sistem belajar yang sesuai dengan kemampuan Anda. Setelah itu, belajarlah untuk disiplin mengikuti sesuai dengan apa yang sudah disusun.

6. Teamwork

Tentu saja Anda bukanlah satu-satunya orang yang dibutuhkan untuk mengelola. Ketika Anda mampu bekerja dengan orang lain untuk menyelesaikan sebuah tugas dan membujuk mereka bekerja sesuai tugas serta tanggung jawab yang diberikan, keterampilan tersebut sangat berguna bagi perusahaan.

7. Kesediaan untuk Belajar

Tak selalu pekerjaan yang Anda dapatkan sesuai dengan keahlian. Anda bisa saja diminta oleh pimpinan untuk mengerjakan sesuatu yang bukan keahlian. Tuntut diri Anda untuk bisa belajar dengan cepat dan buatlah pekerjaan tersebut dicintai. Jika bisa mempelajari sesuatu dengan cepat dan mencintai hal tersebut, Anda akan mendapatkan hasil lebih baik.

 

241 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *