Agar Tak Alami Obesitas, Atur Porsi Makan Anak dengan 4 Langkah Ini

kegemukan-obesitasRADIO SUARA WAJAR – Untuk mengatasi obesitas, salah satu caranya dengan mengendalikan porsi makanan anak. Akan tetapi makanan yang diberikan harus tetap bergizi seimbang.

Makanan manis dan tinggi kalori bisa sebabkan peningkatan berat badan. Jika si kecil memiliki berat badan yang berlebih tentu anak-anak perlu melakukan pola hidup sehat dan perbanyak melakukan aktivitas seperti berolahraga.

Empat cara ini bisa Anda terapkan untuk menjaga berat badan anak-anak yang dilansir dalam Boldsky (28/06).

1. Gunakan porsi kecil

Ketika si kecil belum bisa mengetahui berapa banyak makanan yang ia butuhkan, lebih baik berikan si kecil makanan dalam porsi kecil. Ini untuk melatih ia makan lebih sedikit dan membuat ia merasa lebih cepat kenyang.

Menyajikan makanan dalam porsi besar dapat membuat si kecil merasa dipaksa. Sajikan makanan dengan porsi kecil dan berikan lagi jika si kecil merasa belum kenyang dan ingin menambah porsi.

Dalam memberikan porsi kecil, Anda wajib juga memberikan camilan sehat. selain buah, aneka biji-bijian atau kacang-kacangan seperti tahu goreng atua bubur kacang hijau bisa diberikan pada anak.

2. Lebih banyak sayuran

Setiap kali makan pastikan selalu ada sayur di setiap menunya. Sayur mengandung vitamin, mineral dan juga serat yang dapat membuat si kecil kenyang lebih lama dan juga mengontrol porsi makan.

Anak-anak biasanya membutuhkan sekitar 10-15 gram serat setiap harinya. Serat ini bisa berasal dari buah atau sayuran.

3. Buah pengganti gula

Cokelat dan es krim mengandung gula yang cukup tinggi. Agar lebih sehat, lebih baik jadikan buah sebagai pengganti gula. Pilih buah-buahan dengan rasa manis seperti apel, wortel, nanas dan jeruk kemudian buat smoothies atau jus buah yang dingin agar si kecil menyukainya.

4. Berikan susu

Anak-anak tidak boleh menghindari susu. Hal ini dikarenakan susu mengandung protein serta kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulangnya. Susu dikabarkan juga dapat menurunkan efek lapar yang berlebihan.

 

182 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *