Renungan Harian, Jumat 8 Juli 2016

Jumat Biasa XIV

Bacaan: Matius 10:16-23

Penganiayaan yang akan datang dan pengakuan akan Yesus

10:16 “Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. 10:17 Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya. 10:18 Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah. 10:19 Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. 10:20 Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu. 10:21 Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. 10:22 Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. 10:23 Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.

Renungan

Menerima sakramen baptis merupakan sebuah panggilan jiwa dari yang Ilahi. Sakramen baptis adalah rahmat pintu keselamatan yang sebenarnya ditawarkan kepada semua orang. Kita yang sudah dibaptis patut bersyukur atas rahmat istimewa yang mampu kita terima. Namun demikian, bukan pertama-tama karena kita mempunyai kehendak sendiri untuk dibaptis. Karunia Allah ikut berperan serta dalam proses itu, maka ini adalah sebuah panggilan. Tidak semua orang mampu mengerti dan mampu menerima rahmat ini. Bersyukur karena kita dimampukan sedikit mengerti dan mampu menerima rahmat ini.

Mengerti dan mampu menerima tidak berarti bahwa hidup kita pada hari kemudian akan semuanya menjadi mudah. Rahmat baptisan tidak menghilangkan beban hidup yang harus kita tanggung. Rahmat baptisan tidak membuat jalan kedepan sebagai orang Kristiani mudah untuk dilewati. Tantangan dan kesulitan tetap ada, dan bahkan mungkin semakin berat.

Yesus hari ini mengajak kita untuk menjadi cerdik namun tetap tulus. Perjalanan hidup yang tidak mudah sebagai orang beriman, tidak berarti kita berhenti dalam beriman. Sebagai orang beriman, kita juga diajak untuk berlaku cerdik dan tulus. Cerdik dan tulus ini dalam pengertian untuk beriman, untuk tetap setia meskipun ada banyak tantangan dan hambatan.

Tantangan dan hambatan dalam beriman bisa berasal dari luar rumah, namun juga yang lebih bahaya berasal dari dalam rumah. Orang serumah bisa jadi menjadi kendala dalam usaha untuk setia dalam iman. Tidak jarang anggota keluarga menjadi orang yang justru ‘memusuhi’ karena kita sebagai orang Kristiani. Bisa jadi tidak terkatakan, namun dari apa yang dilakukan dan dibuah jelas-jelas berdampak pada perjalan iman. Maka dari itu, Yesus mengajak kita untuk tetap setia sampai pada kesudahan. Kecerdikan yang tulus menjadi jalan yang dibenarkan oleh Yesus. Satu-satunya tujuan utama dari hal itu adalah agar kita didapati tetap setia sampai hari kedatangan-Nya yang kedua.

Banyaknya kesulitan, tantangan, dah bahkan siksaan, seharusnya tidak menjadi kegentaran bagi seorang yang sudah mendapat rahmat baptisan. Jika karena iman, mari mohon rahmat Tuhan agar kita mampu untuk menanggungnya. Mampu menanggung tidak berarti pasrah dan tidak berbuat apa-apa, namun kita berusaha untuk cerdik dan tulus. Peribahasa kuno mengatakan ‘ada banyak jalan menuju Roma’.

Doa

Ya Tuhan, semoga karena berkat dan rahmat-Mu, kami mampu bertahan dalam iman sampai kesudahan hidup kami. Dampingilah kami agar kami tidak mudah untuk berpaling dari-Mu. Ajarilah kami agar mampu untuk menggunakan kemegahan dan kemudahan duniawi untuk semakin beriman kepada-Mu. Semoga kami senantiasa mampu bertanggung jawab atas iman kami. Amin.

 

300 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *