DPD Desak Kementan Siapkan Swasembada Daging

daging-201506201120131

Ilustrasi

RADIO SUARA WAJAR – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Lampung Ir Anang Prihantoro menyampaikan desakan agar Kementerian Pertanian segera menyiapkan langkah-langkah strategis dan terencana untuk mencapai swasembada daging sapi mengingat Indonesia sangat kaya sumber daya yang diperlukan.

“Mahalnya harga daging sapi akhir-akhir ini harus menjadi momentum kebangkitan usaha peternakan rakyat kita,” kata anggota DPD RI asal Lampung Anang Prihantoro dalam penjelasan tertulis Komite II DPD RI yang diterima di Bandarlampung, Rabu.

Menurut Anang, usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dirjen Peternakan, Dirjen Perkebunan, dan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian di kantor DPD RI Jakarta, Selasa (21/6), pihaknya telah menyampaikan desakan agar Kementan segera mempersiapkan langkah strategis menuju swasembada daging tersebut.

Anang mengatakan makin banyak usaha swasta besar yang terjun ke sektor peternakan utamanya sapi, semestinya swasta bisa menjadi mitra pemerintah untuk menggarap potensi peternakan rakyat di Indonesia.

“Harus diakui bahwa sumber daya manusia yang ada di perusahaan swasta sangatlah cukup untuk menggarap seluruh potensi peternakan kita,” katanya.

DPD menilai bahwa impor bukanlah barang haram asalkan mendukung peternakan yang dikembangkan di Indonesia, yaitu impor sapi bakalan atau calon induk, kata dia. Apalagi mengingat usaha peternakan sangat mahal dan waktunya sangat lama, ujarnya.

Anang juga meminta Menteri Pertanian untuk mengevaluasi program integrasi dan diversifikasi antara kebun sawit dan sapi potong.

“Kalau program ini memang menguntungkan, maka sebaiknya tinggal bagaimana mengembangkannya di beberapa daerah sentra sawit,” kata Anang.

 

 

179 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *