Ribuan Plat di Lampung Utara Bisa Diambil

17343774_b80747da-f9ea-48bc-8ec8-295d45e6673eRADIO SUARA WAJAR – Sekitar 24 ribuan keping plat atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) pemilik kendaraan di Kabupaten Lampung Utara sudah tercetak.

Kanitregident Satlantas Polres Lampura, Iptu Martoyo menjelaskan, jumlah plat kendaraan yang telah rampung untuk tahun 2014-2015 sebanyak 18.337 set, dengan rincian roda dua 16.050 set dan roda empat sebanyak 2.287 set.

Dipaparkan oleh Martoyo untuk pelat kendaraan dari tahun 2014-2015 sudah selesai dan bisa diambil. Dan untuk tahun ini masih dalam proses pembuatan. Kekosongan plat kendaraan waktu itu memang terjadi secara nasional.

Dia menjelaskan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk segera mengambil plat kendaraan mereka. Yakni melalui spanduk pengumuman yang dibentangkan di dekat Pos Polisi Tugu Payan Mas dan kantor Samsat Kotabumi.

Di mana pengumuman berisi masyarakat dapat mengambil TNKB di kantor Samsat Kotabumi, Lampung Utara. Pengambilan pada hari kerja dan jam kerja.

Diterangkan oleh Martoyo bagi pemilik mobil baru bisa mengambil platnya langsung ke dealer. Tapi bagi kendaraan lama yang memang sudah waktunya ganti plat itu bisa diambil ke Samsat Kotabumi. Dengan keluarnya plat ini, maka pemilik kendaraan disarankan memakainya. Sebab semuanya sudah diatur dalam undang-undang.

Mantan Kanitlakalantas ini menjelaskan, berdasarkan peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Menurut Pasal 1 angka 10 Perkapolri 5/2012, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) adalah tanda registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor berupa plat atau berbahan lain dengan spesifikasi tertentu yang diterbitkan Polri, dan berisikan kode wilayah, nomor registrasi, serta masa berlaku dan dipasang pada kendaraan bermotor.

Ditegaskan olehnya karea plat resmi hanya diterbitkan oleh Polri maka siapa yang melanggar peraturan ini akan diberikan sanksi.

 

669 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *