PSMTI dan Han Yuan Buka Kesempatan Beasiswa

44PSMTIRADIO SUARA WAJAR – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Lampung bekerja sama dengan Lembaga Kursus Bahasa Mandarin Han Yuan dan didukung penuh Kedutaan Besar China, memberikan kesempatan kepada masyarakat Lampung untuk belajar di negeri Tiongkok melalui jalur beasiswa.

Kepala Bidang Pendidikan PSMTI Lampung, Steven, mengatakan kesempatan belajar ini terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar dengan sungguh-sungguh karena ada beberapa program yang ditawarkan.

“Ada yang untuk program master (S2), untuk S1, dan untuk PNS juga tersedia,”ujar Steven, seperti dirilis lampost.co, Senin (13/6/2016).

Menurut Steven, program yang mendapat sponsor dari Kedutaan China ini bertujuan untuk mencari penerus bahasa Mandarin atau regenerasi. Sebab, guru bahasa Mandarin yang ada saat ini sudah senior, sehingga harus ada penerus yakni generasi muda yang mencintai bahas Mandarin.

Dia menguraikan untuk program Master of Project Management selama dua tahun, syaratnya adalah lulusan sarjana (S1) dengan memiliki pengalaman kerja selama 3 tahun, usia maksimal 45 tahun, nilai TOEFL di atas 70 atau telah lencar berbahasa Inggris lisan dan tulisan.

Peserta beasiswa akan memperoleh biaya kuliah gratis selama dua tahun, gratis biaya tempat tinggal selama dua tahun, uang saku setiap bulan, akomodasi tiket pesawat pulang pergi Jakarta-Tiongkok, dan mendapat bantuan biaya hidup keluarga.

“Karena mendapat biaya hidup keluarga selama menempuh pendidikan, maka selama menimba ilmu di Tiongkon tidak diperkenankan membawa istri atau pasangan serta saudara. Ini supaya lebih fokus menimba ilmu,”jelas Steven yang juga pimpinan Han Yuan.

Program untuk PNS, menurut Steven, disediakan selama setahun (2 semeter), dengan fasilitas biaya kuliah dan biaya tempat tinggal gratis selama setahun, dan mendapat tiket pp, Jakarta-Tiongkok.

Selain itu, program beasiswa untuk lulusan SMA guna meneruskan program sarjana (S1)  selama empat tahun, mendapat fasilitas biaya kuliah gratis selama 4 tahun, biaya tempat tinggal gratis selama 4 tahun, dan uang saku per tahun 5.000 RMB. Adapun syaratnya memiliki ijazah SMA atau sederahat, mencintai bahasa Mandarin dan bersedia  menjadi guru bahasa Mandarin selama 3 tahun.

Beasiswa untuk umum juga tersedia selama setahun (2 semeter) dengan fasilitas gratis biaya kuliah setahun, dan biaya tempat tinggal selama setahun. Syarat progran ini adalah usia 18 sampai 35 tahun, berbadab sehat dan tidak sedang mengandung, menyukai bahasa Mandarin, dan setelah kuliah bersedia menjadi guru bahasa Mandarin selama tiga tahun.

Karena kuota beasiswa terbatas, lanjut Kepala Bidang Pendidikan PSMTI, peminat segera memasukan pengajuan berupa data disertakan copy paspor ke sekretariat PSMTI Lampung atau Han Yuan. “Program ini akan dimulai September 2016,” ujarnya.

Selain itu, PSMTI juga membuka peluang untuk membuka wawasan dan mengembangkan bahasa Mandarin di Lampung lewat study tour yang dilaksanakan setahun dua kali yakni musim dingin dan musim panas  (Juni-Desember) ke beberapa kota seperti Dalian, Sang Hai, Xian Men, Chang Hua, dan Guangzhou.

“Selain itu untuk menambah wawasan budaya, PSMTI juga menggelar tur Barongsai, Wushu, Tai Chi, Filosofi. Peserta terbuka untuk masyarakat Lampung yang menyukai budaya tersebut dengan maksimum usia 50 tahun,” papar dia.

 

243 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *