Gebuki Maling, 8 Warga Dijebloskan ke Penjara

Maling

Ilustrasi

RADIO SUARA WAJAR – Aliyah, warga Kecamatan Telukbetung Utara, protes terhadap tindakan aparat kepolisian yang menahan beberapa warga karena memukuli orang yang mau maling di rumahnya. Aliyah menceritakan, pada Desember 2015, rumahnya dimasuki orang tak dikenal yang diketahui belakangan bernama Sandi.

Pelaku masuk ke rumah Aliyah sekitar pukul 00.30 WIB. Pada saat itu, tutur Aliyah, pintu rumahnya memang dalam keadaan tidak terkunci karena suami sedang jaga malam. Menurut Aliyah, suaminya melihat ada o

rang tak dikenal itu masuk ke rumah berada di ruang tamu.

Kepada Kapolda Lampung Brigadir Jenderal Ike Edwin dirinya mengatakan suaminya berteriak ketika dilihatnya ada orang tak dikenal masuk ke dalam rumah. Warga lalu datang dan memukuli orang itu (Sandi). Anehnya, lanjut Aliyah, warga yang memukuli maling di rumahnya itu malah yang masuk penjara.

Diterangkan oleh Alitah keluarga Sandi itu melaporkan tindakan penganiayaan anak di bawah umur ke Polsek Telukbetung Utara. Polisi memproses laporan keluarga Sandi dengan menangkap dan menahan delapan warga yang diduga memukuli Sandi. Dia menyesalkan kenapa Sandi yang masuk ke rumahnya yang hendak maling malah tidak diproses hukum.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandar Lampung Komisaris Dery Agung Wijaya membenarkan adanya peristiwa main hakim sendiri oleh warga terhadap terduga maling Sandi. Dery mengutarakan, Sandi ketika itu sudah tepergok pemilik rumah sebelum mengambil barang.

Dijelaskan oleh Dery pemilik rumah berteriak. Warga datang lalu memukuli Sandi hingga sempat koma dan mengalami cacat permanen. Karena ada kekerasan terhadap Sandi, polisi melakukan penyelidikan. Dery mengatakan, ada 11 orang yang menjadi tersangka pengeroyokan Sandi. Delapan orang sudah ditahan sedangkan tiga lainnya masih buron. Dery mengatakan, berkas perkara delapan tersangka ini sudah dilimpahkan ke kejaksaan.

Kapolda meminta Dery untuk memproses Sandi secara hukum. Ike mengutarakan, perbuatan Sandi masuk ke dalam rumah orang tanpa izin adalah tindak pidana. Ditegaskan oleh Ike seharusnya si Sandi juga menjadi tersangka karena masuk ke rumah orang dan hendak maling.

 

245 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *