Tips Mengendalikan Asam Urat agar Tidak Kambuh

Asam-Urat-2-healthandhealthylivingRADIO SUARA WAJAR – Asam urat yang berlebih di dalam darah bisa menyebabkan nyeri yang tidak tertahankan. Bahkan, asam urat yang tidak terkendali dapat mengakibatkan bengkak dan sensasi terbakar pada persendian.

Tentu orang yang memiliki penyakit asam urat tidak ingin mengalami kekambuhan. Karena itu mereka harus mengendalikan asam urat. Berikut 8 tips mengendalikan asam urat yang dilansir dari Thehealthsite.

Jangan lupa minum obat

Obat asam urat dapat menurunkan kadar asam urat jika diminum sceara teratur. Jauhkan obat penghilang rasa sakit yang tidak berguna. Hal ini juga membantu untuk mempelajari beberapa cara mengendalikan nyeri akibat asam urat.

Memantau kadar asam urat

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi penyakit Anda ke dokter. Anda harus mengambil darah untuk memeriksa kadar asam urat. Selain itu, cara ini juga dapat mencegah faktor pemicu lain seperti diabetes dan hipertensi.

Minum banyak air

Minum setidaknya 8-10 gelas air dalam sehari untuk menghilangkan kadar asam urat berlebih dari tubuh dan mengurangi risiko pembentukan kristal pada sendi, sehingga menuruunkan risiko serangan asam urat.

Hindari pemicu

Jauhi makanan yang bisa memicu serangan asam urat, termasuk tomat. Para peneliti telah menemukan bahwa tomat paling sering memicu serangan asam urat selain dari seafood, alkohol dan daging merah.

Modifikasi diet

Makan diet seimbang dan memilih makanan dengan bijaksana. Batasi asupan makanan yang kaya purin, seperti daging, ikan sarden, makarel, kerang dan buncis. Karena, makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat dan memperburuk gejala penyakit asam urat.

Jangan minum jus buah buatan yang tinggi fruktosa dan dapat meningkatkan asam urat dalam darah. Cobalah makan makanan yang sehat dan rendah kandungan lemak. Selain itu, mengonsumsi lebih banyak makanan kaya antioksidan seperti buah anggur, nanas, ceri dan blueberry.

Berhenti merokok dan minum alkohol

Kedua kebiasaan tersebut dapat memperburuk gejala asam urat. Merokok menggangu metabolisme tubuh, sedangkan alkohol meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Aktif bergerak

Gaya hidup aktif adalah salah satu faktor kunci yang dapat mencegah penyakit asam urat. Selain itu, gaya hidup aktif juga mengalahkan penyakit gaya hidup penyertanya seperti kolesterol tinggi, diabetes dan hipertensi.

Menjaga berat badan

Menjaga berat badan sangat penting mengendalikan asam urat. Jika Anda kelebihan berat badan, saat untuk menurunkan berat badan. Tapi, jangan menjalankan diet ketat. Karena, penurunan berat badan yang cepat dapat menyebabkan ketosis dan menyebabkan serangan asam urat. Lebih bijak jika mengikuti program penurunan berat badan secara bertahap.

Hindari pemicu

Jauhi makanan yang bisa memicu serangan asam urat, termasuk tomat. Para peneliti telah menemukan bahwa tomat paling sering memicu serangan asam urat selain dari seafood, alkohol dan daging merah.

 

286 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *