UTD PMI Bandar Lampung Gelar Donor Darah

donor_darahRADIO SUARA WAJAR – UTD PMI Bandar Lampung menggelar donor darah di pelataran parkir Mal Chandra Tanjungkarang sejak 7 hingga 28 Juni 2016. Pendonor bisa datang sejak pukul 18.00 hingga 21.00 WIB. Acara donor darah di bulan Ramadan ini baru kali pertama dilakukan UTD PMI Bandar Lampung.

“Nanti pendonor mendapat bingkisan sembako. Ini dimaksudkan untuk menarik minat warga agar mendonorkan darahnya,” terang dr Aditya, M Biomed, Kepala UTD PMI Bandar Lampung.

Pendonor darah yang rutin mendonorkan darahnya akan terhindar setidaknya dari tujuh macam penyakit. Hal itu disampaikan Sekretaris DPD Forum Komunikasi Dermawan Darah (Fokuswanda) Komisariat Lampung Hardianto Luke.

Menurutnya, keinginan mendonorkan darah berawal dari individu sendiri yang memang punya tekad untuk kemanusiaan. Di samping itu, donor darah sendiri adalah gaya hidup sehat yang bisa menghindarkan dari sejumlah penyakit.

“Minimal dari tujuh penyakit. Darah tinggi nggak, darah rendah nggak, Hb (hemoglobin) tinggi juga nggak. Kan semua dicek sebelum donor,” ujarnya saat ditemui di Mal Chnadra Tanjungkarang, saat menghadiri kegiatan donor darah yang digelar PMI Bandar Lampung, Rabu, 8/6/2016.

Pun begitu sebelum darah diberikan kepada pasien. Darah akan disaring untuk diketahui apakah terbebas dari Hepatitis B, Hepatitis C, Syiphilis, serta HIV. “Donor darah tiga bulan sekali sama saja kita check up kesehatan dari tujuh penyakit tersebut,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Fokuswanda sendiri adalah forum komunikasi bagi para pendonor yang sudah melakukan lebih dari 75 kali donor darah.

 

689 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *