Ini Dampak ketika Anda Terlalu Sering Berolahraga

Ilustrasi dampak terlalu sering berolahraga. Foto: Thetimes
Ilustrasi dampak terlalu sering berolahraga. Foto: Thetimes

RADIO SUARA WAJAR — Semua orang tahu bahwa olahraga baik untuk menjaga kesejahteraan fisik dan mental. Tetapi olahraga secara berlebihan sama sekali tidak akan membuat kita lebih sehat, menurut penelitian.

Olahraga berlebihan bisa berdampak buruk adalah fakta. Latihan sekitar setengah jam setiap hari sudah cukup untuk membuat Anda sehat dan mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, obesitas.

Lalu apa dampak buruk terlalu banyak berolahraga? Bila Anda memaksakan diri terlalu keras untuk latihan atau olahraga, Anda justru akan lebih sering sakit karena terlalu banyak olahraga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Daripada menjadi lebih berenergi, terlalu lelah berolahraga hanya akan menambah kelelahan. Ini kemudian akan berdampak pada tidur, bukannya membuat tidur lebih berkualitas. Hal ini karena tubuh melepas kortisol, hormon stres, terlalu banyak.

Dampak mengerikan lainnya seperti gagal jantung atau serangan jantung yang dipicu latihan berat. Dampak lainnya bisa berupa gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia, gangguan mental seperti depresi dan perubahan suasana hati. Juga cedera ligamen, tendon, atau sendi.

Untuk mengurangi risiko atau menghindari komplikasi kesehatan yang tidak diinginkan, selain memastikan olahraga cukup, pastikan bahwa Anda makan makanan bergizi sebelumnya. Jangan lupa juga memastikan tubuh berhidrasi dengan minum cukup air. Demikian seperti dilansir dari Zeenews, Selasa 24 Mei 2016.***

Editor : Robert

328 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *